Seminggu Kedepan Cuaca Di Kalteng Berpotensi Hujan Ringan Hingga Lebat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seminggu kedepan cuaca di wilayah Kalteng termasuk di Kota Palangka Raya, diperkirakan berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan, sedang dan lebat.

“Prakiraan cuaca di sebagian wilayah Provinsi Kalteng pada tanggal 10 hingga 16 September 2022, pada umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan, sedang hingga lebat,”ungkap Prakirawan BMKG Kota Palangka Raya, Ika Priti Widiastuti, Sabtu (10/9/2022).

Ia menjelaskan, suhu udara berkisar antara 22°C hingga 33°C. Kelembaban udara berkisar antara 60% sampai 100%. Angin umumnya bertiup dari arah Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 10 sampai 20 km per jam.

Dengan kondisi demikian, maka masyarakat diingatkan agar waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat serta angin kencang di sebagian besar wilayah Kalteng.

Selain itu kewaspadaan perlu ditingkatkan. Terutama terhadap potensi adanya genangan air, banjir, banjir bandang, tanah longsor dan pohon tumbang, akibat terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Tidak hanya sampai disitu, BMKG juga mengimbau agar masyarakat waspada adanya pertumbuhan awan konvektif (awan Cumulonimbus) yang dapat berpotensi menimbulkan hujan intensitas sedang hingga lebat, dan menimbulkan angin kencang, serta menambah tinggi gelombang di wilayah pesisir dan perairan Selatan, Kalteng.

“Intinya, waspada potensi tinggi gelombang berkisar antara 0.5 hingga 1.5 meter di wilayah perairan Selatan, Kalteng. Terutama bagi warga di pesisir agar berhati-hati ketika beraktivitas di laut akan potensi gelombang tinggi,“tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *