Seminar Nasional Karhutla di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dewan Pengurus Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) mengadakan seminar nasional  dengan tema ‘Penanggulangan Kebakaran Hutan, Lahan, dan Bencana Asap di Kalimantan Melalui Optimalisasi Pembangunan Infrastruktur’.

Seminar nasional yang diadakan Kamis, 22/2/2018 di Swisbell Hotel Danum, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah terselenggara berkat Kerjasama Lintas Inkindo Kalimantan (KLIK). Sedangkan peserta seminar semua pengurus Inkindo dari seluruh Indonesia.

Acara seminar ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan dihadiri Ketua Umum Inkindo Ir Nugroho Pudji Rahadrjo serta beberapa pejabat daerah, termasuk Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio.

Dalam seminar ini juga dihadiri para pemangku kepentingan, termasuk para akademisi dan TNI/Polri. Sedianya empat menteri diundang sebagai nara sumber dalam seminar ini, namun yang berkenan hadir cuma Menteri Perhubungan.

Dalam sambutannya Ketua Panitia/Ketua DPP Inkindo Kalimantan Tengah, Alfian Batnakanti mengatakan seminar nasional ini digagas oleh DPP Inkindo seluruh Kalimantan dengan tujuan untuk mengkaji dan merumuskan alternatif teknis penanggulangan kebakaran hutan dan bencana asap yang mudah, murah, efektif, dan terpadu.

Diharapkan melalui seminar ini bisa merumuskan kontribusi dan integrasi pembangunan infrastruktur sebagai salah satu upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran dan bencana asap di Pulau Kalimantan.

Sedangkan sasaran adalah terwujudnya pengendalian kebakaran hutan dan bencana asap sekaligus mencegah kerusakan lingkungan di Kalimantan dan tersusunnya rumusan teknis master plan pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Nantinya dalam pengendalian kebakaran hutan dan bencana asap agar optimal, maka harus melibatkan seluruh pemangku kepentingan, terutama pelaku usaha jasa kontruksi,” tandasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan