Sebanyak 104 PKL Akan Direlokasi Ke Lapak Resmi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Rawang menyebut ada 104 PKL yang akan direlokasi dari Jalan Jawa dan Jalan Bangka ke lapak resmi yang sudah mereka sewa.

Ke 104 pedagang kaki lima itu tersebar di Jalan Jawa sebanyak 82 orang dan Jalan Bangka sebanyak 22 orang. Saat ini mereka berjualan di bahu jalan. Saat ini kondisi jalan sehingga dikhawatirkan akan mengganggu pengguna jalan.

Rawang menuturkan ke 104 PKL itu sebenarnya sudah memiliki tempat berjualan yang disediakan oleh pemilik pasar. Lokasinya berada di dalam, tapi karena usaha PKL ingin cepat laku, maka mereka berjualan di pinggir jalan.

Kondisi ini menurut Rawang tentu bisa membahayakan bagi pengguna jalan, terlebih lagi mereka berjualan sampai siang hari, padahal awalnya hanya berjualan saat malam hari sampai subuh.

“Rata-rata PKL berjuakan dengan menggunakan gerobak dan mobil pick up, sehingga mempersempit badan jalan,” sebut Rawang saat memimpin rapat membahas rencana relokasi PKL di Ruang Peteng Karuhei I, Selasa (22/2/2022).

Rawang menyadari tempat berjualan para PKL ada kawasan pasar milik swasta, namun pemerintah daerah sebagai mitra, sehingga tidak ada salahnya untuk membantu menata, apalagi Jalan Jawa dan Jalan Bangka sudah diaspal.

Pihaknya menegaskan rencana penertiban PKL ini dalam rangka menjadikan Palangka Raya menjadi Kota Cantik yakni bersih dari sampah, bebas banjir, dan tertib berjualan di kawasan Jalan Jawa dan Jalan Bangka. (MC Isen Mulang.2/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *