Satu Individu Orangutan dari Thailand Dilepasliarkan ke TN-BBBR Katingan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pusat Rehabilitasi Orangutan Yayasan BOS Nyaru Menteng terus melakukan pelepasliaran orangutan hasil rehabilitasi. Sejak Agustus 2018 telah melepasliarkan 23 orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TN-BBBR) Kabupaten Katingan.

Kali ini BOS Nyaru Menteng kembali melepasliarkan 4 individu orangutan betina ke TN-BBBR. Pelepasliaran ini menambah populasi orangutan di TNBBBR menjadi 106 sejak pelepasliaran orangutan pertama kali dilaksanakan pada Agustus 2016.

Salah satu dari empat individu orangutan yang dilepasliarkan ini adalah Pangkuy hasil repatriasi dari Thailand pada 2006. Di 2006 Pemerintah Indonesia melalui KLHK melakukan pemulangan kembali 48 orangutan dari Thailand dan kemudian dirawat BOS di Nyaru Menteng.

Sejauh ini baru 3 orangutan yang dilepasliarkan ke habitatnya dan Pangkuy yang keempat. Keempat orangutan yang dilepasliarkan kali ini semuanya betina. Mereka adalah Pangkuy (17 tahun), Sisil (13), dan satu pasang induk-anak, Clara (12) dan Clarita (1).

Mereka dibawa dalam perjalanan menempuh jalur darat dan sungai yang memakan waktu kurang lebih 10-12 jam dari Nyaru Menteng ke lokasi yang telah ditentukan di TNBBBR.

Jamartin Sihite, CEO Yayasan BOS mengatakan untuk kegiatan pelepasliaran orangutan di TN-BBBR ini melibatkan BKSDA Kalimantan Tengah, Balai TN-BBBR, USAID LESTARI, dan Yayasan BOS.

“Sampai hari ini kerja sama kami telah menghasilkan 12 kali kegiatan pelepasliaran dalam 2 tahun terakhir dan melepasliarkan 106 orangutan di TN-BBBR,” katanya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan