Satpol PP Palangka Raya Razia KTP

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota Satpol PP Kota Palangka Raya mengadakan giat razia kartu tanda penduduk (KTP) kepada para pengendara yang melintas di Jalan Tjilik Riwut Km 5, Kamis (23/11/2017).
 
Razia rutin yang dilaksanakan di depan Stadion Tuah Pahoe ini melibatkan aparat TNI dan Polri. Hasilnya, tim gabungan berhasil mendapati puluhan pengendara tidak membawa KTP.
 
“Ada 25 orang yang terjaring dan tidak membawa KTP,” kata Kabid Trantib Satpol PP Kota Palangka Raya, Walter. Kemudian mereka membuat surat pernyataan agar membawa KTP saat bepergian.
 
“Tahun ini memang tidak ada Tipiring (tindak pidana ringan) meski memang betul dalam Perda ada aturannya. Namun satu hal yang belum kita terima sampai saat ini itu Perwalinya, sehingga kita hanya berikan surat pernyataan,” ungkapnya.
 
Walter menuturkan rata-rata para pengendara yang kedapatan tidak membawa KTP itu karena tertinggal di rumah. Ada pula yang menyebut tidak memiliki dan masih proses pembuatan di dinas kependudukan dan catatan sipil.
 
“Tapi saat kita tanya bukti pembuatan juga tidak ada. Seandainya bisa menunjukan ya tidak kita jaring,” imbuhnya. Menurut Walter razia ini digelar sesuai Perda No 4 Tahun 2016 tentang Administrasi Kependudukan.
 
Selain itu untuk menertibkan warga agar peduli tentang pentingnya membawa atau memiliki KTP. Terlebih tidak lama lagi di Kota Palangka Raya akan segera digelar Pilkada serentak 2018.
 
“Di 2018 nanti menjelang Pilkada kita akan perbanyak kegiatan. Selain KTP juga razia gepeng (gelandangan dan pengemis) dan lain-lainnya supaya kita sama-sama menjaga ketentraman dan ketertiban sesuai UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Satpol PP tugas dan fungsinya sebagai penegak Perda dan menjaga ketentraman dan ketertiban umum,” tuturnya.
 
Dia berharap masyarakat semakin sadar tentang pentingnya identitas KTP. “Karena KTP ini sangat penting melebihi SIM dan kartu lainnya. Jadi mohon kesadaran masyarakat supaya disiplin masalah identitas terutama KTP itu,” tegasnya. (MC Isenmulang/engga)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan