Sasar Pemilih Pemula, Relawan KPU Sosialisasi Pilkada ke SMA

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna meningkatkan partisipasi pemilih serta menekan angka golput pada Pilkada serentak  2018, khususnya pemilihan walikota dan wakil walikota Palangka Raya pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya melalui tim Relawan Demokrasi yang dibentuknya, terus melakukan sosialisasi. Salah satunya sosialisasi dengan sasaran pemilih pemula.

“Ya, kita baru saja melakukan sosialisasi ke SMK 1. Muridnya ada sebanyak 300-an orang. Kami sosialisasi ke 14 kelas secara berurutan. Sosialisasi ini penting dan  bermanfaat bagi peserta didik, terutama mereka  yang masuk usia pemilih pemula dan  berhak menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Palangka Raya mendatang,”ungkap Henny Oktaviasari dari tim Relawan Demokrasi KPU Kota Palangka Raya segmen pemilih pemula , Kamis (8/3/2018). 

Menurutnya  secara merata  pelajar  yang sudah memasuki usia pemula dan mempunyai hak pilih dalam setiap pesta demokrasi, tentu merasa belum memiliki pengetahuan secara mendalam bagaimana menyalurkan aspirasi dalam memilih pemimpinnya.
“Mereka ini masih awam dan baru kali pertama menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin di Palangka Raya pada khususunya. Karena itulah  sosialisasi pilkada  oleh relawan demokrasi diberikan kepada ratusan pelajar, dengan harapan  mereka akan menggunakan hak pilihnya dengan baik,”katanya.

Dalam kegiatan sosialisasi tambah Henny, timnya juga mengingatkan kepada para pelajar usia pemilih pemula agar tidak perlu khawatir jika belum memiliki kartu tanda penduduk  elektronik (e-KTP), tetap bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Kota Palangka Raya, dengan catatan sudah melakukan perekaman  e-KTP yakni cukup dengan mengantongi  surat keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan identitas sudah masuk dalam  Kartu Keluarga (KK).

“Kita akan lebih gencar lagi melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula, terutama menyambangi sekolah-sekolah pada jenjang menengah atas. Para  pemilih pemula ini harus diajak berdiskusi tentang pentingnya menggunakan hak pilih guna mendukung suksesnya Pilkada 2018 pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palangka Raya,”imbuhnya.

Sementara itu Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi mengatakan, kalangan pelajar sebagai pemilih pemula kini menjadi target sosialisasi pilkada oleh pihak KPU. Para pelajar kata dia, harus diberi pemahaman tentang mekanisme menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan pesta demokrasi .

“Ini juga bagian dari upaya kita untuk meningkatkan partisipasi pemilih, serta menekan angka golput yang senantiasa terjadi dalam setiap pelaksanaan pemilu maupun pilkada. Pemilih pemula  jangan sampai mereka yang usianya sudah berhak menyalurkan hak suaranya  akan hilang begitu saja. Terlebih penyelenggaraan pilkada merupakan bagian dari pendidikan politik,”tutupnya dengan singkat. (MC. Iseng Mulang1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan