SALUR DANET Palangka Raya Solusi Layanan Intranet Terintegrasi Antar SOPD

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kota Palangka Raya menyediakan layanan intranet terintegrasi untuk seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD).

Nama layanan ini adalah Satu Jalur Data Intranet Palangka Raya (Salur Danet Palangka Raya). Layanan ini adalah gagasan pengelolaan interkoneksi jaringan intranet dan internet Pemerintah Kota Palangka Raya yang terpusat dan terkendali oleh DKISP.

Saat ini sebagian SOPD masih menggunakan jaringan internet secara mandiri. Dengan SALUR DANET ini maka sumber daya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhubung satu dengan yang lainnya secara lokal, mudah, cepat, aman, efektif, dan efisien.

Ide pembuat layanan ini adalah Saptonugroho Sum Adi Riptanto, S.T salah satu ASN DKISP Kota Palangka Raya. SALUR DANET dibuat untuk memenuhi tugas Diklatpim IV angkatan XVII kerja sama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara dengan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Saat ini Data Center DKISP sebagai pusat data Pemerintah Kota Palangka Raya sudah mengelola 42 portal situs resmi SOPD, termasuk situs resmi Pemerintah Kota Palangka Raya dan 23 aplikasi untuk menunjang pekerjaan SOPD, papar Sapto Senin, (9/7-2018).

Semua portal dan aplikasi ini bisa diakses melalui intranet tanpa menggunakan jaringan internet. Sementara itu hingga saat ini baru lima SOPD yang sudah terintegrasi per Mei 2018 yakni DKISP, Bappeda, BPKAD, Setda Kota Palangka Raya (Bagian Hukum, Keuangan, Perekonomian Pembangunan), UPT Pengelolaan Sampah, dan Disperindag.

Sedangkan sisanya 84 persen atau 26 SOPD dari total 31 SOPD masih mandiri atau menggunakan jaringan internet sendiri, sehingga boros anggaran.

Sapto menjelaskan tujuan proyek perubahan ini untuk jangka pendek adalah tersedianya sistem pengaturan dan pengendalian penggunaan jaringan intranet maupun akses layanan internet dalam bentuk penyediaan userid dan password. 

Sedangkan tujuan jangka menengahnya adalah terintegrasinya 15 SOPD secara intranet dan jangka panjangnya terselenggaranya infrastruktur jaringan intranet yang mudah, aman, dan terintegrasi.
Dijelaskan proyek perubahan ini secara internal memiliki manfaat tercapainya kinerja DKISP sebagai dinas teknis penyelenggara jaringan intranet sekaligus pengelola akses internet, meningkatkan penggunaan layanan data center dan memudahkan pengawasan penggunaan layanan internet.

Sedangkan manfaat eksternalnya adalah meningkatkan kinerja pekerjaan yang menggunakan aplikasi jaringan intranet maupun internet, memudahkan penggunaan jaringan lokal dan layanan internet, meningkatkan keamanan transaksi data elektronik antar SOPD, dan meningkatnya efisiensi penggunaan anggaran untuk penyediaan akses internet. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan