Rumah Sakit Swasta Didorong Bermitra Dengan BPJS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia mendorong rumah sakit swasta yang ada di Palangka Raya untuk dapat bermitra dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dikatakan, pelayanan bagi masyarakat peserta BPJS tersebut, adalah sebagai bagian dari upaya pihak rumah sakit, untuk turut serta membantu serta mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Tidak sedikit masyarakat merasa sungkan, mau berobat kerumah sakit, dengan pemikiran beragam. Seperti biaya mahal, atau kalaupun dipaksakan, maka hanya ditempatkan pada kelas pelayanan C saja,” tandas Riban, usai meresmikan Rumah Sakit Permata Hati, di Jalan Beliang Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, Sabtu (18/8/2018).

Lanjut Riban, banyak asumsi, bahwa masyarakat kelas menengah kebawah, nasibnya hanya mampu berobat pada level tingkat pustu, puskesmas dan rumah sakit umum semata.

Memang kata dia, selama ini yang bermitra dengan BPJS hanyalah rumah sakit umum daerah (RSUD) dan rumah sakit milik pemerintah. Pun demikian, rumah sakit swasta alangkah baiknya turut serta bermitra dengan BPJS .

“Ini adalah bagian dari upaya mendukung percepatan, dimana pemerintah menargetkan capaian kesehatan semata (universal health coverage) di tahun 2019, dimana seluruh penduduk Indonesia harus ikut program BPJS,” jelasnya.

Pemko  Palangka Raya itu sendiri tambah Riban, juga berkomitmen membantu, salah satunya dengan menyediakan subsidi bagi jaminan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, yang terkoneksi dengan BPJS. Selain itu program bantuan pemerintah pusat, terutama program jaminan kesehatan nasional (JKN), juga terus dimanfaatkan dengan baik (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan