RT/RW Diminta Ikut Serta Antisipasi Dini Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Antisipasi dini menjadi komitmen dari Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui instansi  terkaitnya,  dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terutama menghadapi musim kemarau tahun 2018.

“Salah satu langkah antisipasi itu yakni meminta seluruh Ketua RT dan RW untuk ikut aktif bersama-sama memberikan respon cepat dalam menangani Karhutla,” ungkap Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Supriyanto, Jum’at (23/3).

Bagi Supriyanto, kewaspadaan dini diperlukan dalam menghadapi situasi iklim yang tidak menentu. Sebab itu semua elemen masyarakat harus paham betul betapa bahayanya bencana karhutla bila terjadi.

Pemko Palangka Raya sendiri, terus memberikan sosialisasi dampak dari karhutla terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Selain itu upaya  pencegahan hingga karhutla bisa ditekan terus juga dilakukan melalui pengawasan melekat di area rawan karhutla, seperti kawasan Jekan Raya, Sebangau, Bukti Batu, Pahandut dan Rakumpit.

“Wali  Kota Palangka Raya HM Riban Satia, pernah meminta agar peran ketua RT dan RW  diharapkan guna menggerakan warganya dalam mengantisipasi dini ancaman karhutla tersebut,” ujarnya.

Setidaknya,  RT dan RW harus mampu menjalin  kerja sama dengan lembaga swasta maupun dunia usaha dalam hal kegiatan penanggulangan karhutla.

“Jadi jangan hanya mengharapkan 100 persen dari pemerintah saja dalam hal penanggulangan karhutla. Sebab sudah pasti banyak keterbatasan,” ingatnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan