RT/RW di Palangka Raya Dibekali Pengetahuan Program JKN-KIS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna memastikan segala informasi terkait pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk lebih diketahui dan dipahami oleh masyarakat, maka BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya melakukan sosialisasi kepada rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) di lingkungan Kota Palangka Raya, yang menjadi binaan dalam melakukan penerimaan pendaftaran peserta program JKN-KIS.

“Kami akan selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait program JKN-KIS. Terlebih  apabila terdapat perubahan-perubahan regulasi maupun jika ada pelayanan-pelayanan yang baru dalam program JKN-KIS, ungkap dr. Elke Winasari Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Rabu (18/8/2018) melalui relisnya.

Lanjut Elke, sosialisasi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman secara berkelanjutan kepada masyarakat, agar mengerti dan paham akan pentingnya mempunyai sebuah jaminan kesehatan. Selain itu sosialisasi bertujuan sebagai upaya dalam mewujudkan universal health coverage (UHC).

Saat ini sosialisasi tersebut dilakukan secara berkelanjutan kepada RT dan RW, yang menjadi binaan dari BPJS kesehatan,untuk membantu perekrutan peserta program JKN-KIS. “Untuk saat ini baru terdapat 3 (tiga) kelurahan yang sudah kami lakukan sosialisasi kepada para RT dan RW, yaitu di kelurahan Panarung, Bukit Tunggal, dan Kelurahan Palangka,” sebutnya.

Sementara ini, jumlah peserta program JKN-KIS di wilayah Kota Palangka Raya adalah sebanyak 230.659 jiwa (90,12%) dari total 255.955 jiwa penduduk Kota Palangka Raya. Artinya masih terdapat sebanyak 25.296 jiwa penduduk Kota Palangka Raya yang belum terdaftar didalam program JKN-KIS atau setidaknya kurang lebih 12.798 jiwa (5%) lagi penduduk Kota Palangka Raya yang harus terdaftar kedalam program JKN-KIS untuk mencapai UHC. 

“Dengan dilakukannya sosialisasi secara berkelanjutan, maka diharapkan dapat menjaga serta meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program JKN-KIS,” tutup Elke. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan