Ribuan Anak TK Praktek Manasik Haji

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ribuan anak dari berbagai sekolah taman kanak-anak (TK) seluruh Kota Palangka Raya mengikuti peragaan manasik haji, Sabtu (25/8/2018).

Praktek menjalankan ibadah haji ini dilakukan di halaman kantor Walikota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km 5. Anak TK bersama ibunya mengenakan pakaian serba putih.

Praktek manasik haji ini diadakan oleh Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (FKGPAI) PAUD/TK Kota Palangka Raya dalam rangka Idul Adha 1439 Hijriyah.

Dalam sambutannya Staf Ahli Walikota Palangka Raya, Supriyanto mengatakan tujuan manasik haji TK ini untuk membangun pemahaman nilai-nilai agama sejak dini.

Karena praktek sejak usia dini bisa dijadikan mereka sebagai bekal untuk masa depannya, sehingga setelah masa depan mereka tertanam ajaran agama yang lebih baik lagi.

“Mendidik anak secara disiplin sejak kecil ibarat mengukir di atas batu, sesuatu yang akan membekas dalam hati dan di benaknya, sehingga saat mereka dewasa akan membekas nilai-nilai agamis, religius di hati sedari kecil,” tuturnya.

Dalam praktek manasik haji ini para anak TK diajari cara tawaf, sya’i, dan lempar jumroh. Tawaf merupakan wujud penghormatan kepada Allah dengan cara mengelilingi kah’bah.

Sedangkan sya’i merupakan cerminan sesuatu yang dilakukan istri Ibrahim saat mencari air antara bukit safa dan marwa, sedangkan lempar jumroh adalah tekad umat Islam dalam melawan kejahatan. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan