Realisasikan Jaminan Kesehatan Semesta Butuh Rp5 Miliar Lagi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sampai Januari 2019 ini Kota Palangka Raya belum bisa merealisasikan target universal health coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta kepada seluruh masyarakat.

Padahal target UHC tersebut seharusnya sudah bisa direalisasikan per Desember 2018 sebanyak 95 persen masyarakat Kota Palangka Raya sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Namun faktanya per Januari 2019 ini target UHC baru tercapai 88 persen. Menurut Plt Kepala Dinas Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Palangka Raya, Absiah untuk bisa merealisasikan target UHC 95 persen tersebut membutuhkan tambahan anggaran sekitar Rp5 miliar lagi.

Menurutnya anggaran tambahan tersebut digunakan untuk meng-cover masyarakat kurang mampu. Bisa juga mengakomodasi masyarakat yang sebelumnya menjadi peserta BPJS dari jalur mandiri, namun menunggak bayar premi dengan alasan tidak mampu.

Absiah menambahkan keunggulan suatu daerah jika sudah mendapat status UHC yakni semua masyarakat yang telah memiliki KTP Kota Palangka Raya pasti akan dibiayai oleh pemerintah daerah jika sewaktu-waktu berobat ke rumah sakit atau puskesmas. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan