Ratusan Pensiunan ASN Nikmati Pengobatan Gratis PT Taspen Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Lebih dari 100 orang pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) mengikuti pengobatan gratis yang diselenggarakan PT Taspen (Persero) Cabang Palangka Raya, Jumat (23/3/2018). 

Aksi sosial ini dipusatkan di Kantor Taspen Cabang Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut. Sebelum pengobatan gratis, para pensiunan ASN ini mengikuti senam bersama. Kepala PT Taspen Cabang Palangka Raya, Ucu Syamsudin mengatakan pengobatan gratis itu digelar dalam rangka menyambut HUT ke-55 PT Taspen yang jatuh setiap 17 April.

Pengobatan gratis ini meliputi pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol, penyakit jantung, serta penyakit lain. “Kegiatan ini bentuk tanggung jawab sosial Taspen.

Kami berharap para pensiunan terbantu dengan adanya pengobatan gratis ini. Tanggal 6 April nanti akan diadakan donor darah dan kami menargetkan minimal 100 kantong darah akan terkumpul,” ucapnya. 

Selain program pensiun dan jaminan hari tua (tabungan hari tua), berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015, mulai Juli 2015, Taspen mempunyai dua program tambahan yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. 

“Taspen berkomitmen untuk selalu  meningkatkan pelayanan kepada seluruh peserta, sehingga peserta Taspen baik pegawai aktif maupun pensiunan, dapat menikmati pelayanan Taspen yang mudah dengan sederhana dan tidak perlu bertele-tele,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini Ucu mengungkapkan pada 21-22 Maret 2018 pihaknya telah membayarkan pengembalian hasil pemupukan tabungan perumahan (Taperum) PNS kepada penerima pensiun yang dipensiunkan terhitung 1 Februari 1993 sampai Desember 2017. Total pengembalian hasil pemupukan taperum PNS yang dibayarkan Rp24.702.284.916 kepada 11.179 orang.

“Dari 24.836 pensiunan di Kalimantan Tengah hanya 11.179 orang yang menerima pengembalian hasil pemupukan Taperum. Sebab pengembalian hasil pemupukan taperum tidak termasuk PNS Hankam/TNI/Polri, tunjangan veteran, KNIL, KNIP, dan pejabat negara,” bebernya.

Sementara itu Ketua PWRI (Persatuan Wredatama Republik Indonesia) Kalimantan Tengah, Taufik Hidayat Arnuwo menyambut positif digelarnya pengobatan gratis oleh Taspen ini. Pihaknya sangat terbantu berkat kegiatan sosial ini.
“Atas nama PWI saya mengucapkan terima kasih kepada Taspen atas apa yang sudah dilakukan terhadap para penisunan,” katanya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan