Rasa Nasionalis Harus Tumbuh Dari Kesadaran

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seiring berkembangnya zaman saat ini maka rasa nasionalisme kian memudar. Hal ini dibuktikan dari berbagai sikap masyarakat dalam memaknai berbagai hal penting bagi negara Indonesia. 

Kondisi tersebut juga diakui oleh  Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, yang mengatakan rasa nasionalis tersebut semestinya  muncul dari kesadaran dan hati nurani masing-masing, bukan atas dorongan dan permintaan.

“Ya, rasa nasionalis itu harus tumbuh dari kesadaran.Terutama bagaimana menghargai kemerdekaan negara dan jasa para pendahulu,” ungkap Riban, Kamis, (9/8/2018), saat ditanya  sikap nasionalis masyarakat saat ini.

Dikatakan  membangun rasa nasionalis itu sejatinya tidak perlu diminta atau disauruh-suruh, bahkan harus menunggu perintah atau petunjuk.Terlebih era  terdahulu  rasa nasionalis itu  sudah mengakar.

Contoh sederhana yang menggambarkan betapa kecilnya rasa nasionalisme imbuh Riban adalah, ketika semua komponen masyarakat harus diminta dan diimbau untuk mengibarkan bendera merah putih menyambut HUT RI. 

Ironisnya, sikap mulai  lunturnya nilai-nilai nasionalis serta kebangsaan itu kebanyakan terjadi di pada masyarakat yang tinggal di perkotaan. Sebaliknya masyarakat yang tinggal didaerah pelosok, masih terlihat mengakar, dimana rasa nasionalis dan semangat kebangsaan cukup tinggi.

“Jadi, rasa nasionalisme tidak perlu lagi harus menunggu petunjuk atau perintah. Masyarakat harus sudah menananmkan rasa nasionalis berdasarkan kesadaran,”tutup Riban. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan