Rapat Persiapan Seminar Pemindahan Ibukota RI di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya Riban Satia dan Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio memimpin rapat persiapan seminar pemindahan Ibukota Pemerintahan Republik Indonesia (RI) ke Kota Palangka Raya.

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Peteng Karuhei I, Senin (11/12/2017) ini diikuti oleh Kepala Bappeda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya Barit Rayanto.

Selain itu hadir juga Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Eldy, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Rawang, dan Bagian Umum serta Protokol Setda Kota Palangka Raya.

Dalam rapat ini disepakati acara seminar akan dilaksanakan Jumat (15/12/2017) di Swisbell Danum Palangka Raya. Seminar ini rencananya akan dihadiri Menteri/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro.

Sebagai penggagas seminar, Litbang Kota Palangka Raya juga akan mengundang Ahli Arsitektur Perkotaan Universitas Indonesia Ir Antony Sihombing MPD, Ph.D.

Dalam seminar yang akan dimoderatori Prof Janes Jayanegara dari Universitas Plangka Raya juga menjadikan Walikota Palangka Raya Riban Satia sebagai nara sumber.

Dalam arahannya Mofit Saptono Subagio menyarankan kepada Barit Rayanto dan Hera Nugrahayu dalam seminar nanti harus mengundang para tokoh dan perguruan tinggi.

Diharapkan para tokoh dan tim akademisi nanti bisa memberikan masukan mengenai dampak sosial, ekonomi, dan pembangunan jika Ibukota Pemerintahan RI jadi dipindah ke Palangka Raya.

Sementara itu Hera Nugrahayu memastikan dalam acara seminar nanti akan dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. Peran gubernur nanti juga sebagai tim speaker.

Hera mengharapkan melalui acara seminar nanti bisa dijadikan starting point untuk menggali sejauh mana kesiapan Palangka Raya menyongsong pemindahan Ibukota Pemerintahan RI tersebut.

Hera menambahkan nantinya ada 30 pemakalah dari perguruan tinggi seluruh Indonesia yang akan memberikan pengayaan hasil seminar dan dari 30 pemakalah tersebut hanya lima pemakalah yang diminta memaparkan di sesi kedua dalam seminar. (MC
Isen Mulang/engga)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan