Rapat Persiapan Penilaian Adipura Dilakukan di TPA Km 14

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya mengadakan rapat membahas persiapan penilaian Adipura periode 2017-2018.

Jika biasanya rapat seperti ini dilakukan di kantor walikota, tapi kali ini digelar di lokasi tempat pemprosesan akhir (TPA) sampah di Jalan Tjilik Riwut Km 14, Senin (25/9/2017).

Rapat yang dipimpin Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio ini juga dihadiri Kepala DLH Palangka Raya Rawang dan Kepala Dinas PUPR Palangka Raya.

Dalam rapat ini lebih banyak dibahas mengenai penataan dan pengelolaan sampah, khususnya TPA. Sebab berdasarkan hasil penilaian tahap I (PI) di TPA ini hanya mendapat nilai 61,02.

Dengan rendahnya penilaian TPA inilah sehingga Kota Palangka Raya lagi-lagi belum bisa memboyong piala Adipura, sedangkan untuk objek lainnya sudah dapat nilai bagus di atas 70.

Rawang mengatakan pada P1 periode 2016-2017 Kota Palangka Raya mendapat poin (P1) 71,2 dan (P2) 71,2, sedangkan syarat untuk mendapatkan Adipura minimal harus dapat poin 72 ke atas.

Dia berharap dengan adanya rapat lintas sektor yang juga dihadiri pejabat DLH Provinsi Kalimantan Tengah ini bisa memperbaiki pengelolaan TPA Km 14.

Adapun di TPA yang perlu dipoles agar nantinya mendapatkan nilai tinggi adalah perlu diperbaikinya jalan masuk, pengaktifan pos jaga, tidak ada sampah berserakan di jalan sepanjang pintu masuk TPA.

Selain itu perlu diperbaiki mengenai teknis pencatatan sampah dari manual ke elektronik. Saat ini di TPA Km 14 masih menggunakan dengan sistem manual, sedangkan di daerah lain sudah menggunakan jembatan timbang elektronik.

Menurut Rawang sudah saatnya UPT TPA Km 14 memanfaatkan limbah sampah menjadi gas methana. Jika semua objek penilai ini segera dilakukan perbaikan, maka dia optimistis Kota Palangka Raya bisa mendapatkan piala Adipura. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan