Rapat Evaluasi Program Kegiatan Pembangunan Kota Palangka Raya Triwulan IV Tahun Anggaran 2017

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan pembangunan perencanaan daerah (Bappeda) Kota Palangka Raya menyelenggarakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kegiatan Pembangunan Kota Palangka Raya Triwulan IV Tahun Anggaran 2017, Jumat (12/1-2018).

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Rahan Pumpung Kapakat Bappeda Kota Palangka Raya.  Rapat evaluasi di pimpin langsung oleh Walikota Palangka Raya, dan di hadiri oleh seluruh SOPD Pemerintah Kota Palangka Raya. 

Agenda kegiatan ini selain membahas tentang realisasi anggaran 2017 juga sekaligus membahas tentang persiapan penyusunan Rancangan Teknokratis RPJMD Kota Palangka Raya 2018-2023 yang menitik beratkan pada penyusunan isu strategis dan kajian teknokrat dengan narasumber Dr Nunuk Retnandari dan Sri Purwaningsih, SIP, MPA.  MAP dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa pelaksanaan pembangunan berjalan sesuai dengan capaian tolok ukur dan target kinerja yang telah ditetapkan, mengidentifikasi serta mengantisipasi permasalahan yang timbul dan atau mungkin timbul untuk dapat diambil tindakan pencegahan dan antisipatif agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan acuan dan rencana yang telah ditetapkan dan juga untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan program pembangunan.  

Kegiatan persiapan penyusunan rancangan awal RPJMD periode 2018-2023 atau Penyusunan Isu Strategis dan Kajian Teknokrat ini, sebagai momen penting dan strategis untuk mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan pembangunan Kota Palangka Raya di triwulan keempat atau terakhir terhadap pelaksanaan pembangunan tahun 2017. Adapun capaian realisasi pelaksanaan program pembangunan tahun 2017  sebagaimana yg tertuang dlm RPJMD Kota Praya  th 2013 sd 2018 sdh  sesuai target.

Disamping itu pula untuk mendorong dan mengakselerasikan pelaksanaan pembangunan serta mengantisipasi masalah dan hambatan yang timbul, akan tetapi lebih diarahkan pada evaluasi kinerja, baik dari sisi pendapatan, pengendalian maupun dari sisi belanja daerah tahun 2017.

Dan juga untuk mengidentifikasi permasalahan dan hambatan yang terjadi untuk dijadikan masukan pada pelaksanaan pembangunan daerah tahun anggaran 2018. 

Dengan demikian apa yang dihasilkan dari Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program, Kegiatan ini dapat dijadikan bahan masukan untuk penyusunan laporan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2017 maupun penyusunan SAKIP/LAKIP masing – masing SOPD Pemerintah Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/Win/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan