Ramadan, Personil Damkar Palangka Raya Tetap Standby

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Selama Ramadan dan jelang lebaran Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, akan terus melakukan peningkatan kewaspadaan. Terlebih ketika masyarakat melakukan aktifitas taraweh maupun kegiatan Ramadan lainnya.

Hal itu disampaikan langsung Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya Anwar Sanusi Umanur Gayo, ketika ditanya tentang kesiagaan personil Damkar selama bulan Ramadan dan mendekati Idul Fitri.

“Personil siap untuk berjaga dan standby dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap antisipasi kebakaran maupun hal lainnya,” ungkap Anwar, Jum’at (1/6/2018).

Menurutnya, meskipun sebagian  personil Damkar sedang menjalankan ibadah puasa, namun tugas dan kewajiban dalam mengabdi kepada masyarakat tetap diutamakan.

Anwar juga menuturkan dalam melaksanakan tugas itu petugas Damkar wajib memiliki keterampilan bagaimana cara menangani dan mengoperasionalkan alat secara cepat tepat dan benar.

‘Saya mengingatkan menjadi petugas Damkar harus bangga. Sebab profesi itu sangat mulia karena misinya membawa kemanusiaan yakni menyelamatkan jiwa, harta dan benda seseorang,” katanya.

Terlebih petugas Damkar sudah diakui secara global, bahkan posisinya sangat dihormati dan dihargai. “Saya selalu berpesan kepada personil, untuk tingkatkan loyalitas dan komitmen berperan aktif serta terus disiplin dan loyalitas,”tegasnya lagi.

Dalam bagian lain Anwar mengingatkan, agar alat proteksi kebakaran dan antisipasi serta  pencegahan kebakaran bisa dimiliki setiap pemilik hotel, rumah makan, toko, swalayan, gudang dan kios BBM. Hal itu mengacu pada undang-undang nomor 28 tahun 2002 tentang bangunan dan gedung bahwa bangunan gedung, selain itu rumah tinggal juga harus ada sistem proteksi pasif dan manajemen keselamatan kebakaran.

“Ini bulan Ramadan maka itu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bahaya kebakaran, maka warga tetap meningkatkan kewaspadaan dilingkungan masing masing,”pintanya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan