Program Kotaku Gelontorkan Dana Rp1,5 Miliar untuk Wilayah Kumuh Pahandut

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Selain wilayah Mendawai, Bappeda Kota Palangka Raya juga akan menata kawasan kumuh di wilayah Kelurahan Pahandut Seberang.

Tahun ini khusus dari Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dialokasikan Rp1,5 miliar untuk membangun infrastruktur dibeberapa RT di Kelurahan Pahandut Seberang. 

Diharapkan dengan diperbaikinya sarana infrastruktur tersebut bisa mengurangi kawasan kumuh di Kelurahan Pahandut Seberang yang saat ini statusnya masih kumuh.

“Luas kumuh di Pahandut Seberang 31.77 hektare dan sampai 2018 ini masih tersisa 19.42 ha yang kumuh,” ucap konsultan Program Kotaku saat paparan di aula Bappeda Kota Palangka Raya, Jumat (9/3/2018).

Dalam rapat yang dipimpin Kabid Perencanaan pada Bappeda Kota Palangka Raya, Margalis diketahui jika pada 2018 ini kawasan kumuh di Pahandut Seberang bisa dikurangi 5,55 hektare.

“Kalau pada 2015 kawasan kumuh bisa dikurangi 1,90 hektare, kemudian pada 2016 bisa dikurangi 4,15 hektare, dan pada 2017 bisa dikurangi 1,73 hektare,” tuturnya.

Adapun kegiatan yang akan dikerjakan Program Kotaku di Pahandut Seberang adalah merehab total tiga jalan titian menjadi permanen atau semenisasi.

Kemudian pengadaan gerobak sampah agar di Pahandut Seberang tidak dibuang sampah di bawah kolong rumah, tapi akan diangkut ke tempat pembuangan sementara (TPS) menggunakan motor roda tiga.

Program Kotaku juga akan membuatkan WC komunal. Karena tidak semua warga Pahandut Seberang memiliki WC, dengan adanya WC Komunal ini warga dapat memanfaatkan untuk buang air besar dan air kecil sehingga sanitasi d kawasan tersebut  sehat.

Berdasarkan data Kotaku total rumah di Pahandut Seberang ada 2.479 unit dan 24 unit di antaranya tidak teratur. Dipilihnya Pahanhut sebagai program penuntasan kawasan kumuh, karena wilayah ini merupakan cikal bakal Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan