Program Kerja Perangkat Daerah Harus Hemat, Efisien dan Tidak Mewah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio mengingatkan setiap perangkat daerah (PD) dilingkup pemerintah kota (pemko) Palangka Raya, harus dapat menerapkan prinsif-prinsif hemat, tidak mewah, efisien dan sesuai dengan ketentuan teknis yang disyaratkan dalam penyusunan perencanaan kerja.

Hal itu kata dia, bukan tanpa sebab, mengingat setiap perangkat daerah selaku pengguna anggaran bertanggungjawab dalam suksesi suatu penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Prinsif perencanaan kerja yang tidak dapat dilakukan dengan baik, maka akan berimplikasi pada kurang baiknya penyelenggaraan pemerintah daerah,” ucapnya, Selasa (24/7/2018).

Menurut Mofit, untuk mencapai perencanan program kerja yang baik, maka disitulah akan dituntut melakukan perencanaan program, penganggaran, tahap pelaksanaan dan pertanggungjawaban.

“Model pengendalian internal diperlukan setiap PD, maka itu aparatur dalam hal ini ASN dituntut kualifikasi serta kemampuan profesional dalam setiap penyusunan kinerja,” tuturnya.

Saat ini lanjut Mofit acuan dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2019 harus sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 38 tahun 2018. Untuk itulah perencanaan program kerja setiap PD harus dapat dilakukan dengan baik, terutama menganut prinsif hemat, tidak mewah, efisien dan sesuai dengan ketentuan teknis yang disyaratkan dalam penyusunan perencanaan kerja.

“Maka itu kita selalu tekankan agar semua program kerja yang dilakukan harus terarah dan terkendali sesuai dengan rencana program dan kegiatan dari tugas pokok serta fungsi masing-masing PD,” cetusnya.

Tambah Mofit, perencanaan program kerja yang dapat dilakukan dengan baik oleh setiap PD, menunjukan keberhasilan terhadap transparansi anggaran yang digunakan, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap baiknya pengelolaan keuangan pemerintah daerah. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan