Program e-Warung Dinilai Lebih Bermanfaat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palangka Raya Ahmad Fauliansyah menilai program pemerintah pusat e-Warung, akan lebih terasa manfaaatnya dalam membantu memenuhi kebutuhan warga tidak mampu.

Namun demikian kata dia, bukan berarti program-program bantuan sosial (Bansos) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) seperti, beras sejahtera (Rastra) atau program kesejahteraan sosial lainnya, dinilai tidak terasa manfatnya. 

“Semua program bantuan sosial intinya tetap bermanfaat. Namun, untuk implementasi e-warung, lebih terasa manfaatnya, karena KPM dapat langsung memilah peruntukannya,” ungkap Fauliansyah, Minggu (27/5/2018).

Tidak bisa dipungkiri lanjut dia, selama ini tidak sedikit bantuan sosial yang diberikan kepada keluarga tidak mampu, kerap disalahgunakan peruntukannya.

Misalkan bantuan rastra, dimana tidak sedikit ketika warga tidak mampu menerima bansos tersebut, harus menyalahgunakan peruntukannya. Sebut saja, rastra malah dijual dengan harga murah kepada pihak lain.

“Ya, kita tidak bisa melarang hal ini, karena itu berpulang dengan warga penerima bansos dalam hal pemanfaatan bantuan,” ujar Fauliansyah.

Tidak hanya itu saja, banyak permasalahan yang menghinggap ketika berkaitan dengan bantuan sosial. Contohnya, penyaluran bansos yang tidak sampai ketujuan keluarga penerima manfaat.

Maka itu kata Fauliansyah, melalui program e-warung, setidaknya pemerintah telah memikirkan efektivitas manfaatnya. Yakni dapat dirasakan langsung oleh penerima bansos itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Intinya program e-warung itu hanya bisa dibelanjakan untuk membeli sembako yang sudah ditentukan, manakala KPM telah menerima kartu program e-warung yang berisikan bantuan non tunai.

Contohnya dalam kartu e-warung yang sudah diterima KPM diberikan bantuan sebesar Rp 200 ribu, maka uang tersebut hanya diperuntukan untuk membeli sembako saja. Diluar itu tidak bisa, terlebih untuk berbelanja hanya bisa dilakukan di e-warung yang sudah ditentukan.

“Maka e-warung ebih dirasa manfaatnya, KPM tidak bisa lagi menyalahgunakan manfaat bantuan, misalkan untuk membeli pakaian. Sebab itu program ini juga lebih tepat sasaran,” pungkas Fauliansyah. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan