Pramuka Diminta Konsisten dan Fokus Mendidik Karakter

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Gerakan Pramuka Indonesia, terutama yang ada di Kota Palangka Raya diharapkan tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.

Permintaan itu disampaikan Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault , sekaligus menjadi inspektur upacara gabungan peringatan hari Pramuka ke-57 tingkat Kota Palangka Raya, Senin (17/9/2018), di halaman Balaikota Palangka Raya.

Mofit yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Palangka Raya ini melanjutkan, pada tanggal 14 Agustus yang lalu, telah diperingati hari gerakan Pramuka ke  57, yang mengangkat tema “Pramuka perekat NKRI”.

Dari tema tersebut tercermin  dan besar harapan Pramuka Indonesia harus selalu mengedepankan untuk membangun karakter kaum muda. Untuk itu diharapkan  kepada seluruh jajaran Pramuka, merapatkan barisan, untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat dan mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak handal dalam berfikir dan bertindak.

“Terpenting lagi memiliki jiwa bela negara dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak,” papar Mofit.

Dikatakan, pendidikan kepramukaan selama ini telah mendasarkan pada Satya Darma Pramuka, dimana harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka. Sebagai pedoman bersikap dan berperilaku. 

“Maka itu Pramuka harus berperan lebih, terutama mendidik generasi muda milenial dewasa ini” jelas Mofit.

Adapun dalam kegiatan upacara tersebut, terkhusus pada rangkaian Pramuka ke-57 tingkat Kota Palangka Raya, dihadiri para anggota Pramuka, mulai dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pendega, serta para majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, Pamong Saka maupun instruktur dilingkup Kwarcap Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan