Pramuka dan Menwa Bagian Dari Upaya Bela Negara

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sudah menjadi kewajiban setiap generasi muda selaku elemen dari warga negara, untuk ikut serta dalam hal pembelaan negara.
Hal tersebut disampaikan Mayor Wiyanto, mewakili Dandim 1016/Palangka Raya, Letkol Czi Chandra Adibrata saat berbicara pada kegiatan pentas panggung suara kebangsaan yang digagas oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Sabtu sore (5/5/2018).

Menurut Wiyanto, banyak cara yang dapat dilakukan ketika generasi muda ingin menanamkan sikap bela negara. Salah satunya lebih banyak berkecimpung dengan organisasi kepemudaan yang selama ini bergerak dalam bidang pendidikan karakter yang bersifat cinta tanah air.

“Contohnya Pramuka atau Resimen Mahasiswa (Menwa). Ini contoh organisasi yang memberikan pemahaman pendidikan karakter, berupa kedisiplinan, keterampilan dan kepemimpinan,”ucapnya.
  
Selain dua organisasi kepemudaan tersebut, kata Wiyanto, masih banyak lagi organisasi di negara ini yang memberikan sikap positif dalam mengembangkan semangat kebangsaan.

Dikatakan lebih lanjut, organisasi kepemudaan yang bergerak dalam pendidikan semangat kebangsaan dan bela negara, tentu akan dibutuhkan manakala negara mengalami ancaman dan rongrongan dari pihak luar.

“Katakan saja, dapat menjadi elemen cadangan yang sewaktu-waktu siap manakala negara membutuhkan,”cetus Wiyanto.

Sebab itu tambah dia, generasi muda, harus lebih banyak berkecimpung dalam kegiatan positif yang lebih banyak menanamkan sikap kepemimpinan dan karakter bangsa.”Dibanding mengikuti kegiatan tidak bermakna, yang bisa saja dapat menjerumuskan dan menghambat cita-cita,”papar Wiyanto. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan