PPK di Palangka Raya Rapat Pleno Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Lima Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Palangka Raya mengadakan rapat pleno verifikasi dan rekapitulasi perbaikan dukungan calon walikota dan wakil walikota dari jalur perseorangan, Selasa (6/2/2018).

Sesuai jadwal rapat pleno digelar pukul 15.00 WIB, namun untuk PPK Pahandut baru dimulai pukul 16.00 WIB, karena dari ketiga bakal calon perseorangan hanya satu yang dihadiri oleh perwakilan, sedangkan dua tim lainnya tidak hadir.

Begitu pula di PPK Jekan Raya. Rapat pleno molor dan baru dimulai pukul 17.00 WIB dan baru selesai sekitar pukul 17.30 WIB, karena ada protes dari kedua bakal calon dan tim Paslon. Bahkan ketiga Paslon pilih walk out dari rapat pleno ini. 

Mereka memilih pulang karena proses verifikasi faktual dianggap tidak fair, sehingga mereka meminta agar dilakukan verifikasi ulang untuk lima bakal calon perseorangan dan meminta KPU untuk menunda rapat pleno.

Namun permintaan mereka tidak diindahkan oleh PPK dan rapat pleno tetap diteruskan. Rapat pleno di PPK Jekan Raya ini juga disaksikan oleh Ketua KPU Palangka Raya Eko Riadi dan Ketua Panwaslu Palangka Raya Endrawati.

Berdasarkan hasil pleno PPK Jekan Raya, untuk pasangan Yuliustry-Munir jumlah dukungan yang memenuhi syarat (MS) hanya 2.091 dukungan, kemudian pasangan Dagut-Fitriadi Yusuf 1.020 dukungan, dan pasangan Rizky Nihin-Daryana 1.680 dukungan.

Kemudian di Kecamatan Pahandut untuk pasangan Yuliustry-Munir jumlah dukungan yang MS hanya 2.673 dukungan, pasangan Dagut-Fitriadi Yusuf 1.654 dukungan, dan pasangan Rizky Mahendra-Daryana 2.139 dukungan.

Selanjutnya di Kecamatan Sabangau untuk pasangan Yuliustry-Munir jumlah dukungan yang MS hanya 409 dukungan, pasangan Dagut-Fitriadi Yusuf 161 dukungan, dan pasangan Rizky Mahendra-Daryana 51 dukungan.

Di Kecamatan Bukit Batu untuk pasangan Yuliustry-Munir jumlah dukungan yang MS hanya 9 dukungan, pasangan Dagut-Fitriadi Yusuf 284 dukungan, dan pasangan Rizky Mahendra-Daryana 106 dukungan.

Terakhir di Kecamatan Rakumpit untuk pasangan Yuliustry-Munir jumlah dukungan yang MS 0 dukungan, pasangan Dagut-Fitriadi Yusuf yang MS hanya 20 dukungan, dan pasangan Rizky Mahendra-Daryana 2 dukungan.

Selanjutnya hasil rekapitulasi dari lima PPK ini menurut Eko Riadi akan diplenokan oleh KPU Palangka Raya pada 8 Februari 2018, sehingga nanti hasilnya akan diketahui apakah ketiga bakal calon perseorangan tersebut bisa maju atau tidak dalam pemilihan walikota dan wakil walikota di Pilkada serentak 27 Juni 2018. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan