Pokmas Marang Barajaki Panen Perdana Ayam Potong

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Warga yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat (Pokmas) Marang Barajaki panen perdana ayam ras pasca membuat kandang dari hasil bantuan.

Ada sekitar 2.000 ekor ayam ras yang dipanen dari hasil kemitraan dengan salah satu perusahaan di wilayah Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu.

Ketua Pokmas Marang Barajaki, Sariadi menuturkan dari hasil kerja sama ini pihak kelompok dapat upah Rp1.200 per kilo gram. Hasilnya akan dibagi kepada anggota.

“Potensi pendapatan ini memang sedikit tapi pasti, karena pihak pemelihara tidak menanggung resiko. Misalnya bila harga ayam turun, maka pihak kandang tetap dapat upah segitu,” ujar Sariadi, Selasa (14/3/2023).

Meski begitu hasil usaha ini sedikit banyak membantu masyarakat, karena saat ini anggota Pokmas Marang Barajaki dapat penghasilan tambahan dari beternak.

Rencananya pihaknya juga akan mengajukan penambahan kandang ke Balai Restorasi Gambut (BRG) yang sebelumnya telah memberikan bantuan senilai Rp100 juta untuk membuat kandang.

Sariadi berharap dengan bertambahnya jumlah kandang, maka jumlah ayam yang dipelihara juga semakin banyak, sehingba potensi pendapatan anggota kelompok juga bertambah.

Sementara itu Lurah Marang, Yuliati Ningsig sangat mendukung usaha sampingan warga, karena hal ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat selain usaha berladang dan nelayan. (MC Kota Palangka Raya.2/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *