PLN Terus Bangun Gardu Induk PLN di Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – PLN terus membangun jaringan listrik di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Selain membangun pembangkit listrik dan saluran udara tegangan tinggi (SUTT), PLN juga sedang membangun gardu induk (GI) dibeberapa daerah.

Salah satunya di Kota Palangka Raya. GI PLN ini dibangun di Jalan Mahir Mahar, Kelurahan Kalampangan. Diperkirakan akhir 2019 ini pengerjaannya rampung.

Manager Bidang Perencanaan PT PLN UP3 Area Palangka Raya, Heri Priyo mengatakan saat ini di Kalimantan Tengah baru ada 8 GI eksisting. Yakni GI Palangka Raya, GI Sampit, GI Bagendang, GI Kasongan, GI Mintin, GI Buntok, GI Amuntai, dan GI Muara Teweh.

Selain di Palangka Raya, PLN juga akan membangun GI Pangkalan Bun, GI Kuala Kurun, GI Parenggean, GI Sukamara, dan GI Nanga Bulik, GI Tamiang Layang, dan GI Puruk Cahu.

Heri menjelaskan fungsi GI PLN ini untuk menurunkan tegangan. Sebab tegangan dari jaringan SUTT masih tinggi mencapai 150 Kv, sedangkan untuk bisa disalurkan ke pelanggan harus dirubah ke 220 volt.

Jadi untuk merubah tegangan dari 150 Kv ke 220 volt ini dibutuhkan GI sebagai gardu pengatur tegangan. GI bisa diibaratkan sebagai stasiun atau terminal dalam transportasi listrik.

“Gardu induk memiliki peranan penting dalam sistem transmisi, gardu induk mempunyai beberapa fungsi diantaranya adalah mentransformasikan tegangan (sebagai penaik dan penurun tegangan),” tutur Heri, Rabu (14/11/2018). (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan