Perlu Sentuhan Budaya di Bandara Untuk Tarik Minat Wisatawan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Senator (anggota DPD RI) Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna mengatakan, sebagai upaya menarik wisatawan agar mau berkunjung ke destinasi wisata di suatu daerah, maka pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya harus rajin berinovasi. 

Salah satu  contohnya kata dia, memberikan sentuhan- sentuhan berupa ornamen, simbol atau ciri khas seni dan budaya di kawasan fasilitas bandara. Hal ini dilakukan agar ketika orang yang berkunjung kesuatu daerah merasakan ada sesuatu yang berbeda, sehingga tertarik untuk mengetahui daerah itu lebih jauh.

Saran ini disampaikan Arya Wedakarna saat menghadiri kegiatan seremoni pembukaan ajang Pemilihan Duta Wisata Indonesia ke-13 tingkat nasional yang berlangsung di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (21/11/2018), di Ballroom Swiss Belhotel Danum Palangka Raya.

Lebih lanjut Arya Wedakarna yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) ini mengungkapkan, sentuhan budaya pada gerbang masuk ke suatu daerah, bisa saja diterapkan oleh pemerintah daerah di Provinsi Kalteng, seperti halnya di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

Pun demikian, berpulang lagi dengan kemauan dan karakter pemerintah daerah serta masyarakat untuk siap melakukan hal tersebut. Terlebih jika melihat keunggulan wilayah Kalteng itu sendiri, maka  sangat memiliki peluang untuk mengembangkan potensi- potensi sektor kepariwisataan. Seperti, sungai, danau, hutan dan potensi lainnya.

“Kan bisa saja nantinya diupayakan ada rute penerbangan langsung Bali-Palangka Raya. Namun berpulang lagi dengan karakter masyarakat suatu daerah, yaitu mau tidaknya mengembangkan iklim wisata di airport. Semuanya kembali bagaimana melakukan perubahan itu,” cetusnya.

Intinya tambah Arya, membangun kepariwisataan tidak cukup  jika hanya bicara soal infrastruktur, namun tak kalah penting pula adalah soal kesiapan karakter dari semua elemen masyarakat. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan