Perkuat Toleransi Melalui Silaturahmi Hari Raya Nyepi

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Sebagai wujud toleransi dan saling hormat menghormati dalam keberagaman antar umat beragama yang ada di Kota Palangka Raya, pemerintah kota dalam hal ini Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio bersama istrinya Trisnawidyanti , bersilaturahmi memberikan selamat  hari raya  Nyepi Tahun Baru Saka 1940, di kediaman sejumlah tokoh agama Hindu di Palangka Raya, Minggu (18/3/2018).

Pada kesempatan ini wakil walikota bersama rombongan berkesempatan mengunjungi Balai Hindu-Kaharingan dimana sejumlah tokohnya, seperti  Walter S Penyang, Parada serta tokoh Kaharingan lainnya menggelar open house perayaan Nyepi.

Setelah dilalui berbagai pembicaraan dan obrolan ringan bersama tokoh Hindu-Kaharingan, seraya menikmati hidangan yang disajikan, rombongan kemudian melanjutkan kunjungan kesejumlah tokoh Hindu lainnya. Seperti dikediaman Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kalteng, I Nyoman Sudyana. Disana terlihat suasana akrab dan penuh rasa kekeluargaan.

” Saling mengunjungi sekaligus bersilaturahmi dimomentum hari besar keagamaan seperti ini memang rutin dilakukan. Ini bentuk nyata dalam menjaga keberagaman,”ungkap Mofit disela  kegiatan silaturahminya.

Saling mengunjungi antara umat beragama lanjut Mofit, sudah seharusnya dilakukan, tidak hanya  oleh pimpinan daerah, namun oleh seluruh komponen masyarakat untuk bisa merasakan kedamaian dan menjalin keberagaman dalam ke “Bhinekaan Tunggal Ika”.

“Seperti perayaan hari raya Nyepi tahun ini dan tahun-tahun berikutnya, silaturahmi itu harus terus dipertahankan, sebagai  bentuk konkrit bahwa Kota Palangka Raya sangat bertoleransi dan berkomitmen dalam menghormati kepercayaan masing-masing  agama,” ujarnya.

Mofit menilai keragaaman di Palangka Raya sudah dilalui dengan berbagai terpaan dan tidak pernah ada kata melunturkan semangat persatuan dan kesatuan masyarakatnya.(MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan