Peringati World Population Day, Yayasan BOS Nyaru Menteng Lepasliarkan 13 Orangutan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Yayasan BOS Nyaru Menteng, Palangka Raya kembali melepasliarkan 13 orangutan ke habitatnya. Lokasi pelepasliaran dipilih adalah Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kabupaten Katingan.

Pelepasliaran ini bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Balai TNBBBR, USAID Lestari, dan peraih World Branding Award Animalis Edition 2017.

Dengan pelepasliaran ini maka jumlah orangutan yang dilepasliarkan di wilayah ini menjadi 92 individu. Pelepasliaran ini sekaligus memperingati World Population Day atau Hari Populasi Dunia yang diperingati setiap tanggal 11 Juli. Ke-13 orangutan ini terdiri dari 4 jantan dan 9 betina dengan 4 di antaranya adalah 2 pasang ibu-anak. Mereka akan dibawa dalam dua pemberangkatan yang berbeda pada 12 dan 14 Juli 2018.

Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 10-12 jam melalui darat dan sungai dari Nyaru Menteng ke titik-titik yang telah ditentukan di TNBBBR. Jamartin Sihite, CEO Yayasan BOS mengatakan sepanjang tahun 2018 ini BOS Nyaru Menteng telah menerima 4 bayi orangutan baru.

Memang terdengar sedikit, namun BOS Nyaru Menteng masih mempunyai lebih dari 400 orangutan yang dirawat. “Hal ini berarti tidak hanya dituntut untuk terus melakukan pelepasliaran, kami juga harus mempercepat proses rehabilitasi secara menyeluruh,” tulisnya, Jumat (13/7/2018). (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan