Percepatan Pencegahan Dan Penurunan Stunting Memerlukan Perencanaan Berkualitas Dan Terintegrasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya berkomitmen untuk melakukan upaya percepatan pencegahan dan penurunan stunting di wilayah Kota Palangka Raya.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu saat membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya pada kegiatan pembukaan acara Rembuk Stunting tahun 2023 di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya, Selasa (27/6/2023).

“Dalam rangka pencegahan, penanggulangan serta percepatan penurunan stunting di Kota Palangka Raya perlu dilakukan perencanaan berkualitas dan terintegrasi,” tutur Hera.

Lebih lanjut Hera mengatakan bahwa dari sisi intervensi penanganan stunting secara garis besar dilakukan melalui intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif yang difokuskan pada 1.000 hari pertama kehidupan.

“Intervensi gizi spesifik adalah intervensi yang berhubungan dengan peningkatan gizi dan kesehatan. Sementara intervensi gizi sensitif adalah intervensi pendukung seperti penyediaan air bersih, sanitasi, dan lain-lain. Sehingga untuk intervensi gizi sensitif memiliki kontribusi lebih besar yakni 70% dalam upaya penurunan stunting,” sambungnya.

Di akhir sambutannya Hera berpesan kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Palangka Raya agar dapat melakukan pemantauan dan evaluasi sebagai dasar untuk memastikan pemberian layanan yang bermutu, memanfaatkan sistem pengumpulan dan pelaporan data yang telah ada, dan mengelola pengetahuan untuk mendorong inovasi dalam berbagai aspek percepatan penurunan stunting. (MC. Kota Palangka Raya/nurjianti/nd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *