Peralihan Musim, Pemko Palangka Raya Perlu Benahi Drainase

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini wilayah Palangka Raya sedang mengalami perubahan musim, yakni dari kemarau ke musim hujan. Sebagaimana pengalaman setiap tahunnya, maka terjadinya banjir ataupun genangan air akan selalu muncul di jalan-jalan Kota Palangka Raya.

Untuk menghadapi itu, kalangan DPRD Kota Palangka Raya meminta kepada dinas terkait dan masyarakat untuk saling bersinergi, terutama melakukan pembenahan sistem saluran drainase yang selama ini kerap tidak mampu menampung curahan air hujan, sehingga  menjadi awal munculnya genangan air dan banjir.

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung, mengatakan, untuk menghadapi musim hujan yang bisa menimbulkan banjir, dibutuhkan peranan semua kalangan termasuk masyarakat, sebab tanpa dukungan masyarakat pemerintah tidak akan mampu sendiri.

“Kita mengharapkan, semua kalangan bisa ambil bagian, seperti masyarakat bisa membersihkan setiap drainase yang berada dilingkungannya. Sedangkan pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), bisa melakukan pengerukan atas pendangkalan drainase,” cetusnya, Kamis (18/10/2018).

Srikandi DPRD Kota Palangka Raya ini juga mengatakan, upaya sinergitas itu diperlukan, seraya sambil menunggu program walikota Palangka Raya yang baru di tahun 2019 dapat berjalan maksimal.

Terlebih diketahui program walikota saat ini salah satunya memfokuskan pada peningkatan infrastrutur jalan dan drainase. “Kita tunggu saja di 2019, sementara untuk saat ini, kita bersama-sama untuk menanggulangi dan siaga menghadapi banjir yang biasa menggenangi setiap musim hujan,” ucapnya.

Legislator dari PDI Perjuangan Kota Palangka Raya ini juga meminta kepada dinas terkait,  untuk lebih memfokuskan sebagian wilayah yang memang menjadi langganan banjir, salah satunya adalah Kecamatan Pahandut, seperti disejumlah kawasan di Kelurahan Panarung.

“Dengan menggunakan dana APBD dinas PUPR bisa melakukan pencegahan awal, sehingga peranan pemerintah terlihat. Kami selaku wakil rakyat juga akan bergerak melakukan imbauan kepada masyarakat akan peduli lingkungan,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan