Perajin Kerajinan Lokal Harus Beregrenerasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Ketua Dekranasda Kota Palangka Raya, Avina Fairid naparin menyebutkan bahwa perajin kerajinan khas lokal harus mampu melakukan regrenerasi.

Menurutnya, perajin-perajin khas daerah seperti perajin ayaman purun sekarang ini indentik ditekuni oleh orang tua, jarang sekali didapati anak muda yang meneruskan kerajinan tersebut.

Oleh sebab itu, agar tidak punah seiring perkembangan zaman, dirinya mengajak para perajin ayaman di Kota cantik agar mengajarkan kerajinan tangan ke penerusnya.

“Mari kita ajak dan ajari generasi kita agar meneruskan kerajinan tangan yang menjadi khas daerah kita agar tidak punah,” kata Avina saat membuka kegiatan pelatihan inovasi kerajinan Purun yang digelar di Aula Hotel Dandang Tingang, Rabu (26/10/2022).

Menurutnya, kerajinan lokal seperti ayaman dari bahan purun merupakan salah satu warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Karena industri kerajinan juga dapat mempunyai nilai ekonomis yang mampu meningkatkan pendapatan keluarga.

Dikatannya juga bahwa untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal tersebut pihaknya juga telah menggelar beberapa pelatihan. Salah satunya yang digelar hari ini yaitu menggelar pelatihan inovasi kerajinan purun dengan menghadirkan instruktur yang handal dan berkompeten.

“Oleh karena itu juga, melalui pelatihan ini saya berharap akan mampu menciptakan generasi-generasi yang handal dan terampil. Sehingga ke depannya kita punya perajin-perajin muda yang handal,” tutupnya. MC. Isen Mulang/Nitra/ndk

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *