Penyusunan PMTB Diharap Memacu Iklim Inventasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya -Walikota Palangka Raya HM Riban Satia meminta agar data dari survey penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto (PMTB)  Tahun 2018 dapat menjadi data instrumen penggerak ekonomi wilayah. “Terpenting lagi hasil dari disagregasi PMTB adalah dapat memacu peningkatan iklim investasi di Kota Palangka Raya.

Sebab investasi merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian,”ungkap walikota saat membuka rakor penyusunan disagregasi PMTB  Tahun 2018 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palangka Raya, Senin (2/4/2018) di Ballroom Hotel Aquarius Palangka Raya. 

Dikatakan tahun 2018 telah dicanangkan pemerintah sebagai tahun investasi, dimana investasi diharapkan  mampu menggeser peran konsumsi rumah tangga yang saat ini menjadi penompang utama pertumbuhan  ekonomi Indonesia.

“Ada sepuluh prioritas nasional tertuang dalam rencana kerja pemerintah 2018, salah satunya  memacu investasi dan infrastruktur untuk pertumbuhan dan pemerataan,”jelas Riban.

Sebab itulah dibutuhkan data investasi yang ditail untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Data yang dilaksanakan melalui survei penyusunan disagregasi PMTB juga diharapkan mampu menjadi institusi perbaikan iklim investasi.

“Para stakeholsder, baik pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat  sebenarnya memerlukan data fisik PMTB yang pada akhirnya keakuratan data yang disajikan merupakan data ril yang dapat dipertanggungjawabkan,” cetus Riban.

Sementara itu Kepala BPS Kota Palangka Raya, Agie mengatakan, dalam survey penyusunan disagregasi PMTB 2018 ini, pihaknya  mengharapkan kontribusi, kerjasama dan partisipasi lintas sektoral dan masyarakat secara luas.

“Pendataan survey yang dilakukan BPS ini sejalan dengan prioritas nasional 2018, yaitu di bidang pengembangan dunia usaha dan pariwisata serta perbaikan iklim investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan,”bebernya.

Pada kegiatan tersebut pihak BPS menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Kepala BPS Kalteng, Hanif yahya, Kepala Bappeda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP),Kota Palangka Raya, Murni. (MC. Isen Mulang.1/Engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan