Penyalahgunaan Jabatan dan Money Politik Rawan Terjadi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kordinator Divisi Pencegahan Hubungan Antar Lembaga, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalteng Siti Wahidah mengatakan, jika suhu perpolitikan jelang pelaksanaan pemilihan presiden, wakil presiden dan anggota legislatif terus bergerak meningkat. Sejalan dengan itu kata dia, maka pengawasan terhadap kecurangan dan tindak pidana pemilu juga pasti terus ditingkatkan. 

“Dalam pelaksanaan pemilu ini,  maka seluruh daerah dapat dikategorikan rawan kecurangan. Terutama politik uang alias money politik dan penyalahgunaan jabatan,” ungkap Siti saat berbicara pada sosialisasi bersama organisasi masyarakat (ormas) dan media massa, Sabtu (23/2/2019) di Hotel Aquarius Palangka Raya.

Pengawasan melekat terhadap pelanggaran pemilu ini lanjut Siti harus dilakukan, setiap elemen pun harus ikut membantu dalam mengawasi jalannya proses dan pelaksanaan pemilu di tanggal 17 April nanti.

“Saya katakan seluruh wilayah Kalteng rawan money politik dan pelanggaran kampanye. Kami tidak bisa bekerja maksimal tanpa bantuan dari masyarakat  dalam mengantisipasi hal itu,” tandasnya. 

Siti mengutarakan dengan kebersamaan bersama dalam mengawasi pemilu maka diharapkan pesta demokrasi lima tahun tersebut dapat berjalan aman, jujur, adil dan terpilih pimpinan yang berkomitmen untuk bangsa dan negara.

“Dengan pengawasan secara bersama, maka pemilu kedepan dapat berjalan lebih baik, maka itu peran banyak pihak sangat diperlukan,” cetusnya lagi. 

Kata Siti, jika masyarakat diam dan tak bergerak maka masyarakat seolah-olah melegalkan praktek uang. Tetapi jika melaporkan dan siap bersaksi serta mempunyai bukti terkait money politik maka masyarakat benar-benar berkeinginan menjadikan negara dan bangsa ini lebih baik.

“Intinya bila ada peserta pemilu terbukti melanggar maka Bawaslu tidak akan tinggal diam dan tidak akan tebang pilih,” tegasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan