Peningkatan Kompetensi Aparatur Kelurahan Untuk Pelayanan Publik Yang Optimal

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bertempat di Aula Hotel Luwansa Palangka Raya, Rabu (13/9/2023) Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi bagi Aparatur Kelurahan yang dibuka secara resmi oleh Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin.

Dalam sambutannya, Fairid Naparin menyebutkan bahwa kompetensi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang lebih profesional, efisien, efektif, dan akuntabel. Pemerintah Kota Palangka Raya secara konsisten dan berkelanjutan telah berupaya mereformasi diri dalam menata birokrasi menuju ke arah tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Dikatakan Fairid, belum optimalnya kompetensi aparatur kelurahan dapat menimbulkan adanya persepsi yang beragam dalam melayani masyarakat serta kurangnya pemahaman tentang inovasi pelayanan publik.

“Oleh sebab itu, melalui Bimtek ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan kompetensi aparatur kelurahan di lingkungan Kota Palangka Raya. Dengan begitu diharapkan dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi berlangsungnya kinerja di kelurahan,” kata Fairid.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Palangka Raya melalui Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur, Novitarya dalam laporannya menyebutkan bahwa Bimtek ini merupakan upaya untuk meningkatkan indeks profesionalitas ASN yang selama ini jarang menyentuh aparatur kelurahan.

“Harapan kami tentunya dengan dilaksanakannya Bimtek ini mampu menciptakan sikap yang profesional dalam memberikan pelayanan masyarakat serta menciptakan pemimpin yang memiliki pengetahuan/ketrampilan/etika dan tata karma serta memiliki mental modern dalam menciptakan pemerintahan yang baik,” katanya.

Adapun kegiatan Bimtek ini di laksanakan pada 13 – 15 September 2023 dan diikuti oleh 63 peserta dari Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan Lurah beserta jajarannya.

Sementara itu, narasumber kegiatan ini yaitu Wali Kota Palangka Raya, BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan Negeri Kota Palangka Raya, Pengadilan Negeri Kota Palangka Raya dan dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Tambun Bungai Palangka Raya. (MC. Kota Palangka Raya/Nitra/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *