Pengurus Koperasi Dilatih Akuntasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya memberikan pelatihan akuntansi kepada pengurus koperasi, Senin (9/4/2018).

Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie. Pelatihan diberikan untuk mengembangkan koperasi sebagai badan usaha yang profesional.

Sebab koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat, sehingga pengelolaannya bisa menerapkan prinsip keterbukaan, transparansi, dan akuntabilitas yang bisa diakui, diterima, dan dipercaya oleh anggota.

“Salah satu indikator terlaksananya penerapan prinsip tersebut adalah melalui penyusunan laporan keuangan yang jujur, tertib, dan wajar,” sebut Afendie.

Dia menyadari untuk menerapkan standar akuntansi yang berlaku masih perlu bimbingan, karena itu dinasnya mengharapkan pengurus koperasi bisa menyusun laporan keuangan.

Dengan begitu laporan keuangan koperasi menjadi benar, sehingga nantinya laporan berupa neraca, laba rugi, dan lainnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya.

“Laporan keuangan yang baik itu tidak hanya untuk kepentingan anggota saja, tetapi bisa untuk pihak lain, misalnya pihak perbankan. Bila kegiatan koperasi tercatat dengan baik, maka pihak lain akan percaya dengan kondisi koperasi tersebut,” tuturnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan