Pengembangan Dermaga di Palangka Raya Mandeg

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Keterbatasan anggaran di tahun 2018 ini, menjadi alasan mendasar mandegnya pengembangan sejumlah dermaga di Kota Palangka Raya.
Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Eldy, Jum’at (6/4/2018).

Menurutnya, dengan alasan tersebut maka pihak Dishub kota pada tahun 2018 ini tidak menganggarkan untuk membangun maupun memperbaiki dermaga yang ada. Kalaupun ada anggaran yang tersedia, maka Dishub lebih memfokuskan pada pembangunan kantor Dishub yang baru dibangun.

Harus diakui kata Eldi, banyak dermaga yang tersebar disejumlah titik perairan sungai pada setiap kecamatan di Palangka Raya, telah mengalami kondisi rusak parah. Bahkan, ada  sebagian warga berinisiatif membongkar dan membangun dermaga dengan dana swadaya. 

Saat ini dermaga yang memang memerlukan perbaikan tersebut, salah satunya dermaga di Kecamatan Rakumpit. Sedangkan dermaga di kecamatan lainnya masih dalam  kondisi baik, seperti dermaga/pelabuhan Rambang dan dermaga Kereng Bangkirai.

“Dari 32 kelurahan yang ada di Palangka Raya ini, rata-rata memiliki dermaga dengan kondisi yang bervariasi. Baik itu dalam kondisi rusak, sedang, hingga rusak parah,” bebernya.

Dishub kota sejak lama telah mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membantu pembangunan dermaga disejumlah wilayah di Palangka Raya. “Bahkan melalui musrenbang 2018, kami telah usulkan perbaikan tiga dermaga di Palangka Raya agar dapat masuk program prioritas pembangunan 2019,”cetusnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan