Penerbangan Perdana Batik Air Rute Palangka Raya-Jakarta PP

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng,  Habib Ismail pada Kamis 29/3/2018 yang lalu, telah meresmikan penerbangan perdana pesawat Batik Air (Airbus A320) di Bandara Tjilik Riwut rute Palangka Raya – Jakarta (Cengkareng).

Terkait  hal tersebut Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Alfian Batnakanti menyambut baik adanya penambahan layanan penerbangan tersebut.
“Penambahan rute penerbangan tentu membawa dampak positif, terutama dalam sisi perkembangan transportasi udara di kota Palangka Raya,”ucapnya, Minggu (1/4/2018) via seluler.

Menurutnya, upaya penambahan penerbangan sangat diperlukan, terlebih Kota Palangka Raya merupakan ibukota Provinsi Kalteng, sehingga memerlukan rute penerbangan secara meluas yang mampu menjangkau banyak daerah.

Banyak keuntungan yang bisa didapat oleh pemerintah daerah, manakala kuatnya mobilisasi yang datang dari transportasi udara. Seperti tumbuhnya nilai perekonomian, serta mampu mendongkrak nilai dunia kepariwisataan.

Namun demikian, seiring dengan penambahan rute penerbangan, maka sejalan dengan itu harus diimbangi dengan infrastruktur di Bandara Tjilik Riwut.
“Terlebih Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menginginkan perlu memperpanjang landasan  Bandara Tjilik Riwut sepanjang 300 meter. Nah ini ideal untuk menambah rute penerbangan,” ungkapnya.

Sebelumnya Manager Penerbangan Area Kalsel-Teng,  Agung Purnama mengatakan, selain penerbangan pesawat Batik Air (Airbus A320) di Bandara Tjilik Riwut rute Palangka Raya – Jakarta (Cengkareng). Maka direncanakan bakal dibuka lagi  rute baru maskapai penerbangan Lion Air Grup dengan tujuan Palangka Raya – Bandung,  Palangka Raya -Pontianak (Wings Air) dan kemungkinan rute ke Jogyakarta akan menyusul dibuka.

“Untuk tujuan ke Bandung akan dibuka bulan Juni mendatang. Sedangkan untuk tujuan ke Pontianak dalam waktu dekat ini akan segera dibuka, tinggal menunggu ijin terbang dikeluarkan pihak pusat,” bebernya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan