Penempatan PKL ke Taman Kuliner Terganjal Infrastruktur Jalan

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Rencana penempatan pedagang kreatif lapangan (PKL) ke taman dan pusat kuliner Tunggal Sanggomang di ujung jalan Yos Sudarso Palangka Raya, tampaknya masih tersendat. Infrastruktur jalan menuju lokasi kuliner menjadi salah satu kendala.

Selasa (20/3/2018), dilaksanakan rapat di ruang Peteng Karuhei (PK) I  kantor walikota Palangka Raya, tentang pemindahan PKL ke pusat kuliner Tunggal Sanggomang yang sudah diresmikan walikota beberapa waktu. Ada beberapa hal yang harus diselesaikan disana,”ungkap Plt Asisten II Setda Kota Palangka Raya, Anwar Sanusi Umar Gayo.

Menurut Anwar, pemindahan para PKL, bukan semerta-merta memindahkan begitu saja, akan tetapi semua yang menyangkut kesiapan dilokasi harus sudah terselesaikan. Seperti infrastruktur jalan menuju kelokasi kuliner perlu mendapat perhatian.

Dengan kondisi jalan yang rusak tentu akan menghambat sejumlah kesiapan lain. Seperti penataan parkir, pemasangan rambu jalan. Termasuk kenyamanan para pelaku usaha kuliner.

“Bagusnya, Pemprov Kalteng mau membantu untuk memperbaiki jalan menuju lokasi kuliner. Bahkan alat berat sudah ada disana. Semua ini hasil dari koordinasi antar instansi” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban mengatakan, optimalisasi penempatan para PKL dilokasi kuliner akan secepatnya dilakukan.

“Kita ingin secepatnya menempatkan para PKL disana dengan tidak menyisakan masalah, semuanya harus dilakukan dengan aturan cantik, jangan sampai salah mengelola,”tuturnya. 

Saat ini kata dia, masih baru sebatas koorbisnis yang harus diselesaikan para PKL, dimana untuk sewa satu kontainer mencapai Rp.63 juta lebih, hanya saja mekanismenya bisa menggunakan sistem perkreditan melalui perbankan.

“Intinya melalui hitung-hitungan yang tidak memberatkan namun saling menguntungkan, baik dari sisi PKL-nya maupun dari sisi pemerintah kota,”tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan