PENDAMPINGAN TINDAK LANJUT (TL) REKOMENDASI LHE KOTA PALANGKA RAYA TAHUN 2023 DARI KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA SECARA DARING

Palangka Raya (06/05/2024) – Pendampingan Tindak Lanjut (T L) Rekomendasi LHE Kota Palangka Raya Tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenpanRB RI) secara daring dilaksanakan berdasarkan Surat Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2023 Nomor : B/482/AA.05/2023 Tanggal 27 November 2023. Dalam hal ini KemenpanRB RI mengundang perwakilan seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam Acara Pendampingan Tindak Lanjut Rekomendasi Lembar Hasil Evaluasi (LHE) Kota Palangka Raya yang dilaksanakan pada Hari Senin (06/05/2024) bertempat di Aula Peteng Karuhei II Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya.

Evaluasi AKIP bertujuan untuk mengetahui tingkat implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dalam mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil (result oriented government). Secara lebih rinci, evaluasi AKIP adalah: (a) memperoleh informasi mengenai implementasi SAKIP; (b) menilai tingkat implementasi SAKIP; (c) menilai tingkat akuntabilitas kinerja; (d) memberikan saran perbaikan untuk peningkatan AKIP; dan (e) memonitor tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi periode sebelumnya. Adapun Ruang lingkup evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah meliputi penilaian kualitas perencanaan kinerja, pengukuran kinerja berjenjang dan pelaporan kinerja, evaluasi akuntabilitas kinerja internal, dan capaian kinerja atas output maupun outcome serta kinerja lainnya pada level instansi pemerintah maupun unit kerja dibawahnya.

Pelaksanaan evaluasi AKIP menggunakan kombinasi metodologi kualitatif dan kuantitatif dengan mempertimbangkan kepraktisan dan kemanfaatan yang disesuaikan dengan tujuan evaluasi serta mempertimbangkan kendala yang ada. Langkah praktis diambil agar lebih cepat memberikan petunjuk untuk perbaikan implementasi SAKIP, sehingga dapat menghasilkan rekomendasi untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja.

Salah satu rekomendasi dari Evaluasi AKIP tahun 2023 adalah untuk mendorong Pemerintah Kota Palangka Raya untuk perbaikan dokumen perencanaan pada setiap level organisasi dengan memperhatikan berbagai kaidah dalam penyusunan dokumen perencanaan kinerja, seperti: memastikan tujuan dan sasaran strategis telah berorientasi hasil atau berdampak langsung kepada masyarakat (result oriented). Kemudian, memastikan kualitas indikator kinerja agar memenuhi kriteria yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-bound) terutama pada kriteria specific, measurable, dan relevant.

Dengan adanya acara pendampingan ini, diharapkan OPD di Pemerintah Kota Palangka Raya dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja, menghadapi tantangan dengan solusi inovatif, dan berkontribusi secara efektif dalam pembangunan negara. Semangat untuk menciptakan budaya kinerja yang berkualitas terus ditanamkan guna memperkuat pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.  (nrh/frd/msbp)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *