Pencegahan Pencemaran Sungai Harus Dilakukan Bersinergi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Rawang meminta semua pihak untuk bersinergi , menjaga keberlangsungan sungai yang ada diwilayah Kota Palangka Raya. 
Permintaan tersebut disampaikan Rawang, menyikapi kekhawatiran adanya pencemaran mercuri  terhadap sungai akibat aktivitas tambang yang banyak dilakukan pada daerah aliran sungai (DAS).

“Sebut saja untuk Sungai Kahayan, bisa saja terkontaminasi dan tercemar limbah mercuri dari berbagai aktivitas seperti  pertambangan emas ataupun aktivitas yang menggunakan bahan kimia,”tandasnya, Rabu (28/3/2018).

Menurut Rawang, pihaknya kesulitan dalam melakukan  sosialisasi untuk masyarakat yang tinggal di pinggiran tentang kewaspadaan pencemaran air sungai. Padahal apabila dilihat sebagian besar masyarakat masih bergantung dengan sungai dalam berbagai hal keperluan hidup.

“Ya, pemerintah kota tidak akan mampu sendiri dalam melakukan  pencegahan tercemarnya sungai, namun diperlukan sinergi banyak pihak bahkan lintas sektor,” ungkapnya.

Harus disadari lanjut Rawang, keberadaan sungai bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah Kota Palangka Raya semata, namun kabupaten di Kalteng lainnya,  yang  dilintasi aliran sungai juga mesti melakukan hal yang sama dalam pencegahan pencemaran. 

Aliran sungai yang panjang melintas menuju ke Kabupaten Gunung Mas , Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Katingan
“Kita bisa melihat sumber pencemaran itu datangnya dari mana. Bisa saja akibat pertambangan masyarakat dari kabupaten lainnya . 

Oleh sebab itu,  kita tidak bisa bekerja sendiri.  Harus ada sinergitas dengan wilayah lain, cetusnya. Ada baiknya imbuh Rawang, Pemerintah Provinsi  Kalteng perlu mengkoordinir semua pemerintahan daerah  tentang pentingnya menjaga keberlangsungan sungai  agar tidak tercemar, mengingat keberadaan DAS pada umumnya di Kalteng masih menjadi urat nadi masyarakat. (MC. Isem Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan