Pemukiman Warga di Kawasan DAS Rawan Terdampak Banjir Kiriman

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Supriyanto melalui Kabid Penanggulangan Bencana Henora Koffeno Nahan, mengingatkan masyarakat yang tinggal di kawasan bantaran daerah aliran sungai (DAS) untuk mewaspadai banjir kiriman yang berasal dari DAS wilayah lain.

Hal tersebut berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya, dimana kawasan DAS di Palangka Raya rawan terimbas banjir, terutama ketika debit air meningkat.

“Tahun ini curah hujan cukup tinggi. Bahkan diprediksi sampai akhir tahun curah hujan di wilayah sungai bagian hulu lebih besar hingga mengirimkan debit air yang tinggi ke DAS Palangka Raya,” ujar Koffeno, Jumat (30/11/2018).

Saat ini lanjut Koffeno, pihaknya tengah melakukan  langkah antisipasi dan pencegahan dini sebelum banjir kiriman itu tiba. Salah satunya melalui sosialisasi ke warga-warga yang berada di pemukiman kawasan DAS.

“Kami sudah  menghimbau  masyarakat yang berada pada kawasan DAS untuk waspada, dan kami juga menganjurkan  warga  untuk bisa relokasi tempat tinggal ke kawasan  yang aman dari banjir,” tegasnya.

Dalam bagian lain tambah  Koffeno, pihak BPBD kota juga sudah melakukan pemantauan daerah-daerah yang berpotensi banjir.

“Dari pantauan sementara ini kondisi DAS Palangka Raya masih aman, namun debit air cenderung naik. Kami  akan terus maksimalkan pemantauan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan