Pemprov, Kota dan Kabupaten Gelar Rapat Pilkada Serentak 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Kota Palangka Raya dan kabupaten se Kalteng menggelar rapat persiapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018.

Rapat ini berlangsung di Aula Jaya Tingang, kantor Gubernur Kalteng, Selasa (5/12/2017). Dalam sambutan Sekda Kalteng Mugeni yang dibacakan Kepala Kesbangpol Kalteng, Yuas Elko mengatakan tujuan dilaksanakannya rapat untuk membangun harmonisasi dan sinergitas dari seluruh pemangku kebijakan dalam rangka mendukung kelancaran Pilkada. 

Dia melanjutkan untuk mendukung visi misi Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menuju Kalteng berkah telah dibentuk des Pilkada di provinsi dan des Pilkada 10 kabupaten dan satu kota.

“Diharapkan camat turut serta mendukung dan menjaga keamanan, ketertiban masyarakat serta mencegah sedini mungkin terhadap ancaman gangguan Kamtibmas, selama Pilkada berlangsung,” katanya.

Rapat itu juga dibahas tentang pembinaan dan penataan batas penanganan konflik pertanahan serta pembakuan nama rupa bumi pemerintah Kalteng berdasarkan program kerja 2018.

“Dalam penataan batas daerah yang ingin dicapai adalah untuk menetapkan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu daerah, yang memenuhi aspek tekhnis dan yuridis,” ungkapnya.

Kemudian seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah kabupaten atau kota khususnya yang berbatasan langsung antar kabupaten – kota, kecamatan – kelurahan atau desa diminta segera menetapkan batas supaya tidak menjadi kendala.

“Supaya KPU mudah menentukan daerah dan menetapkan daerah pemilihan,” imbuhnya.

Dijelaskan pembakuan rupa bumi adalah proses penetapan nama rupa bumi yang baku oleh lembaga yang berwenang secara nasional dan internasional baik rupa bumi alami atau buatan dengan tujuan memperkenalkan identitas rupa bumi, mewujudkan tertib wilayah administrasi serta menjaga kearifan lokal di Kalteng. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan