Pemko Palangka Raya Tuan Rumah Rakonreg PDRB 2018 Se Kalteng

MEDIA CENTER,  Palangka Raya – Rapat  Konsultasi Analisis Ekonomi Regional (Rekonreg) Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)  kabupaten/kota se kalimantan tengah tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio di hotel Luwansa  Palangka Raya, Senin (14/5-2018).

Peserta Rakonreg PDRB dihadiri oleh Bappedalitbang provinsi kalteng, BPS provinsi kalteng, dinas budpar provinsi kalteng, peserta dari kabupaten kota se kalteng yaitu bappedalitbang, BPS, Diskominfo, statistik dan persandian dan SOPD jajaran  Pemko Palangka Raya.

Rakonreg PDRB se KalimantanTengah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, untuk tahun 2018 ini Pemko Palangka Raya di percayakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan rakonreg PDRB, bertema “Pengembangan sektor pariwisata dalam menyongsong bonus demografi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah”, sub tema” Perluasan kesempatan kerja melalui peningkatan peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam industri pariwisata”. 

Dalam sambutannya wakil walikota Palangka Raya menyampaikan bahwa
Pertumbuhan ekonomi di suatu daerah sangat ditentukan oleh kemampuan daerah dalam  mengidentifikasi dan memanfaatkan potensi pengembangan ekonomi serta peluang keunggulan di masing – masing daerah. 

Terkait potensi dalam rangka pembangunan ekonomi, bangsa Indonesia dalam abad ke-21 menghadapi bonus demografi, yaitu populasi usia produktif melebihi populasi usia non usia produktif, yaitu pada angka ketergantungan 49,4% dan secara konstan menurun sampai dengan tahun 2035.

Berdasarkan data BPS angka ketergantungan di Kalimantan Tengah tahun 2016 sebesar 45,5%, pada tahun 2017 diproyeksikan angka ketergantungan di kalimantan tengah sebesar 44,9%,  untuk Palangka Raya berdasarkan data dinas kependudukan dan catatan sipil kota Palangka Raya, angka ketergantungan tahun 2017 sebesar 43,1%.

Kepala BAPPEDA Kota Palangka Raya selaku ketua panitia  tahun 2018, dalam laporannya Hera menyampaikan tujuan penyelenggaraan rakonreg PDRB tahun 2018 menciptakan suatu keserasian informasi tentang pembangunan dan perkembangan ekonomi regional Kalimantan Tengah dan meningkatkan program pembangunan daerah yang baik dari berbagai sektor untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan setiap  kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

Mekanisme rakonreg PDRB  meliputi dua sesi yaitu sesi pertama paparan narasumber dari BPS RI, Kementerian PPN/BAPPENAS, Dinas Budpar Provinsi Kalteng dan Sesi kedua paparan narasumber dari Bappedalitbang Provinsi Kalteng, BPS Provinsi Kalteng dan Bank Indonesia  perwakilan  Kalteng.(MC. Isen Mulang/tina/engga).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan