Pemko Palangka Raya Terus Menata Kawasan Pasar Besar

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Perwajahan kawasan Pasar Besar Kota Palangka Raya kini terlihat mulai rapi. Itu setelah tim dari Kecamatan Pahandut bersama instansi terkait dilingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya, telah melakukan penataan di sejumlah area pusat perbelanjaan masyarakat Kota Cantik terebut.

“Selama dua pekan terakhir tim Kecamatan Pahandut bersama lintas sektoral telah melakukan penataan. Terutama merelokasi pedagang kreatif lapangan (PKL) di kawasan Pasar Besar,” ungkap Camat Pahandut, Berlianto, Kamis (7/7/2022).

Adapun dalam penataan itu sendiri lanjut camat, terkonsentrasi di sekitaran Jalan Jawa, Jalan Sumatera dan Jalan Bangka. Baiknya kata dia, penataan maupun relokasi para PKL disambut baik oleh banyak pihak.

Bahkan imbuh dia, para pedagang merasa terbantu dengan disediakannya lapak atau blok khusus untuk berjualan. Terlihat para pedagang berinisiatif sendiri membongkar lapak-lapak yang menutupi badan jalan dan drainase.

Pasar Besar itu sendiri, masih memiliki banyak blok untuk menampung para pedagang. Seperti di blok Pahandut Indah pada pasar besar itu, memiliki 171 lapak kosong, blok Martapura ada 120 lapak, blok Itah dan blok Tampung Utuh, masing-masing tersedia 20 lapak.

“Bisa dilihat, Jalan Sumatera yang selama ini sulit dilewati pengguna jalan akibat banyaknya PKL, sekarang sudah lancar,” beber Berlianto.

Sekedar diketahui ungkap dia, dalam penataan tersebut, maka Pemerintah Kota Palangka Raya melalui pihak kecamatan, selalu mengedepankan komunikasi, sosialisasi serta edukasi kepada para pedagang, pengelola pasar, hingga pengelola parkir.

“Bapak Walikota memang menugaskan kami membantu menata lingkungan pasar besar ini. Ini semua sebagai salah satu upaya meraih kembali predikat Adipura. Apalagi Palangka Raya bulan depan akan menjadi tuan rumah gelaran balap sepeda internasional, maka kita harus berbenah,”tuturnya.

Terlepas dari itu ujar Berlianto, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan para pedagang lainnya, agar bisa masuk ke area pasar besar. “Intinya agar pasar besar bisa terlihat rapi, sehingga mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan