Pemko Palangka Raya Terus Berupaya Tangani Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, pemerintah kota setempat bersama stakeholder terkait terus melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di seluruh wilayah Kota Palangka Raya.

“Upaya pemadaman karhutla, baik dengan mengintensifkan jalur darat, juga dengan berkoordinasi melaksanakan pemadaman melalui jalur udara,” kata Hera, Selasa (3/10/2023) di Palangka Raya.

Lebih lanjut Pj Wali Kota menyampaikan, berbagai upaya termasuk doa sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya, sebagai upaya agar karhutla dapat ditangani dan cepat berlalu.

“Kita terus berupaya dan tidak akan menyerah. Tentunya juga berdoa kepada Tuhan, karena sebelumnya kita sudah melaksanakan salat Istisqa. Ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar diturunkannya hujan,” tuturnya.

Selain upaya dan langkah tersebut imbuh Hera, maka hal penting diperhatikan pula adalah mengedepankan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal itu menjadi prioritas dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam mengantisipasi dampak dari kualitas udara yang buruk, sebagai akibat terjadinya karhutla.

“Pentingnya masyarakat memakai masker, menjadi salah satu yang terus diingatkan di saat kondisi udara terkena polusi kabut asap,”tambahnya.

Menurut Hera, dalam mengantisipasi timbulnya penyakit, khususnya gangguan pernapasan karena udara yang tercemar kabut asap, maka masyarakat termasuk para peserta didik yang bersekolah perlu memakai masker.

“Kami mengimbau masyarakat, termasuk anak didik yang bersekolah untuk memakai masker mengingat kualitas udara di Kota Palangka Raya sedang berada di kategori tidak sehat. Memakai masker bertujuan menjaga kesehatan pernapasan serta mengurangi resiko terpapar partikel berbahaya di udara,” tandasnya. (MC. Kota Palangka Raya.1/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *