Pemko Palangka Raya Siapkan Rp2 Miliar Dana Tanggap Darurat Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Supriyanto memimpin rapat pembentukan Tim Satgas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Selasa (6/3/2018).

Rapat yang yang dibuka oleh Asisten I Pemerintah Kota Palangka Raya, Anwar Sanusi Umanur Gayo di Ruang Peteng Karuhei II ini diikuti oleh perwakilan Kodim, Polres, lurah, dan semua dinas yang terlibat dalam Tim Satgas Karhutla.

Dalam rapat ini belum final dibentuk Tim Satgas Karhutla 2018, karena nama-namanya masih diusulkan dan masih ada kemungkinan berubah sebelum ditetapkan melalui surat keputusan walikota. Meski demikian untuk Komandan Satgas Karhutla 2018 diusulkan dijabat Komandan Kodim 1016 Palangka Raya, karena mengikuti hirarki Dansatgas provinsi yang juga dijabat Komandan Koram 102 Panju Panjung.

Sementara itu wakil komandan Satgas Karhutla diusulkan dari kapolres, kepala BPBD, kepala Satpol PP, dan kepala pemadam kebakaran, sedangkan pokja atau subsatuannya dipegang sesuai tupoksi SOPD. Misalnya untuk bidang kesehatan dipegang oleh dinas kesehatan. Begitu pula dengan media center dikelola oleh Kodim dan Dinas Kominfo Kota Palangka Raya.

Meski secara resmi Satgas Karhutla 2018 belum terbentuk, namun penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Palangka Raya tetap dilakukan. Satgas terus patroli dan melakukan pemadaman kebakaran lahan seperti yang terjadi di Jalan Bakung Merang pada Minggu (4/3/2018).

Supriyanto menjelaskan sebagai bentuk antisipasi Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mencegah bencana Karhutla telah disiapkan dana tanggap darurat sebesar Rp2 miliar. Dana sebesar ini menurutnya baru bisa digunakan jika status Karhutla sudah kategori siaga. (MC. Iseng Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan