Pemko Palangka Raya Siapkan Isu Strategis di Rakerwil APEKSI 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kota Palangka Raya menjadi tempat pelaksanaan rapat kerja ke V Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai dengan 11 Oktober 2018.

“Dilaksanakan rapat kerja Apeksi Regional Kalimantan di Palangka Raya tentu menjadi moment penting bagi kita untuk menyatukan program strategis antar pemerintah kota di Kalimantan,”ungkap Wakil Walikota Palangka Raya, Hj. Umi Mastikah, Selasa (09/10/2018).

Kata Umi, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya telah menyiapkan isu-isu strategis yang nantinya diharapkan bisa menjadi bagian penting dari  poin-poin rekomendasi bagi Komisariat Wilayah V Apeksi Regional Kalimantan untuk diajukan dalam Rakernas XIV Apeksi Tahun 2019 di Kota  Palu.

“Kalau sebelumnya pada Apeksi di Singkawang program strategis yang dibicarakan terkait kepariwisataan, maka untuk kali ini bisa saja isu kepariwisataan menjadi bagian program yang disinergikan kembali,” tambahnya lagi.

Secara umum lanjut Umi, aspek serta program yang dinilai dominan dapat diajukan pada saat kegiatan Apeksi, dipastikan akan berbeda-beda  disetiap daerah di Kalimantan. Semisalkan saja kota Bontang menitik beratkan pada sumber migas-nya, sedangkan di Palangka Raya tentu belum bisa mewujudkan sumber daya alam seperti itu.

Karena itulah, setidaknya Pemerintah Kota Palangka Raya pada Apeksi ditahun 2018 ini hanya dapat melirik sumber-sumber dominan yang mampu digali dan ditingkatkan. Seperti sumber pajak maupun retribusi ataupun kepariwisataan serta sektor-sektor lain yang dianggap bisa dikerjasamakan.

“Kita berharap ada terobosan yang sama dihasilkan oleh pemerintah kota se-Kalimantan, dengan acuan aspek yang dimiliki tentu akan berbeda dengan aspek dominan hasil Apeksi regional dari pemerintah kota daerah lainnya,”tutur Umi

Disampaikan, sejauh ini hasil-hasil dari kegiatan Apeksi yang dilaksanakan setiap regional didaerah, terutama dari hasil rekomendasi yang dilaksanakan, selalu memiliki pengaruh terhadap kepedulian dan sinergitas pemerintah pusat dengan pemerintah  di daerah. Terutama dalam hal implementasi untuk mewujudkan hasil rekomendasi yang disampaikan.

Sebelumnya pada  rapat persiapan pelaksanaan Apeksi Regional Kalimantan yang diadakan  Pemerintah Kota Palangka Raya beberapa waktu lalu, telah memfinalkan kegiatan yang akan mengumpulkan sembilan wali kota se Kalimantan. Yakni wali kota Banjarmasin, wali kota Banjarbaru, wali kota Pontianak, wali kota Singkawang, wali kota Samarinda, wali kota Balikpapan, wali kota Bontang, wali kota Tarakan dan wali kota Palangka Raya.
Rapat kerja wilayah ke-V komisariat  wilayah V Apeksi Regional Kalimantan Tahun 2018 nanti akan dihadiri oleh Airin Rachmi Wali Kota Tangerang Selatan selaku Ketua Apeksi pusat. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan