Pemko Palangka Raya Memperoleh Penghargaan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Riban Satia menerima laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) 2017 langsung dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur.

Laporan hasil SAKIP ini diterima oleh walikota, Rabu (31/1/2018) di Bali Nusa Dua Convention Center, Denpasar  Bali. Selain Palangka Raya, hasil SAKIP 2017 ini juga diterima oleh bupati dan walikota dari seluruh Indonesia.

Dalam menerima SAKIP ini walikota juga didampingi Sekda Kota Palangka Raya Rojikinnor, Inspektur Kota Palangka Raya Alman Pakpahan, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Palangka Raya, Akhmad Fordiansyah.

Kemudian Kepala Bagian Organisasi Ana Menur dan pejabat eselon III dan IV lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya. Diperolehnya penghargaan ini karena Pemerintah Kota Palangka Raya telah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. 

“Kita ingin fokus dan serius lagi dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi pada hasil,” tutur Riban, Kamis (1/2/2018).

Selain itu dengan SAKIP inilah nantinya akan mengarahkan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya bisa menetapkan program dan kegiatan strategis berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Sementara itu Menteri PANRB Asman Abnur mengharapkan para bupati, walikota dan sekretaris daerah fokus dan serius dalam memberikan perhatian guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi pada hasil.

Asman juga meminta seluruh instansi pemerintah bisa mewujudkan birokrasi yang efisien melalui penggunaan anggaran negara yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Diserukan pula kepada instansi pemerintah untuk menerapkan e-government dalam membantu pelaksanaan tugas, menerapkan money follow program sebagai dasar penggunaan anggaran.

Dia juga menghimbau kepada pemerintah daerah untuk menghentikan segala bentuk pemborosan dan memfokuskan pelaksanaan tugas pada pencapaian kinerja, bukan pada penyusunan laporan pertanggungjawaban semata. (MC. Isen Mulang/ foto:protkom/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan