Pemko Palangka Raya Kirim Dua Perahu Karet ke Katingan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Musibah banjir yang menimpa beberapa kecamatan di Kabupaten Katingan menjadi perhatian Pemerintah Kota Palangka Raya dengan mengirimkan dua unit perahu karet ke Kasongan.

“Dua perahu milik BPBD kota sedang di-BKO-kan ke Katingan untuk membantu di sana,” kata Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio seusai gelar apel pasukan dan peralatan dalam rangka kesiapan menanggulangi bencana banjir dan tanah longsor di halaman Polres Palangka Raya, Jumat (21/7/2017).

Musibah banjir di 3 (tiga) kecamatan beberapa hari yang lalu di Kabupaten Katingan karena hujan deras, air di hulu sungai katingan meluap sehingga mengakibatkan banjir.

Meski tidak ada lagi perahu karet di BPBD, tapi Mofit menyebut masih ada bantuan dari TNI dan Polri yang sewaktu-waktu bisa digunakan jika terjadi bencana banjir di wilayah Palangka Raya.

Namun dia berharap bencana alam tidak terjadi. Di sisi lain pemerintah kota sedang membangun tiga saluran drainase di Jalan Hiu Putih, Umpu Kakah, dan Yos Sudarso.

“Sekarang tahap pekerjaan oleh balai sungai yang nanti kita tembuskan ke DAS Sebangau,” katanya. Mofit berharap pembangunan drainase primer ini bisa mengurangi genangan air di wilayah perkotaan.

Di sisi lain masyarakat juga diminta membantu pemerintah dalam memelihara drainase. RT, RW dan warga harus membersihkan drainase di depan rumahnya, sehingga saat hujan deras turun, air dapat mengalir dengan normal.

“Saat ini juga ada Perda agar warga tidak menutup saluran air. Kalau mau menutup, sifatnya jangan permanen. Harus ada lubang untuk mengontrol,” tuturnya.

Sementara itu AKBP Lili Warli berharap wilayah Palangka Raya tidak ada bencana banjir. “Bencana alam memang tidak bisa kita hindari. Tapi minimal kita dapat meminimalisasi terjadi dampak dari banjir,” katanya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan